Sunday, April 13, 2014

Cara Membaca dan Membuat Sandi Katak

Sandi katak merupakan salah satu sandi dalam kepramukaan. Sandi katak disebut juga sebagai sandi loncat. Penamaan jenis sandi ini mengingat cara membaca atau membuat soal sandinya dimana mesti meloncat-loncat. Pun sering kali dalam kata kunci teknik kepramukaan (scouting skill) ini menyertakan kata seperti katak, kodok, ataupun meloncat.

Sandi ini tergolong sandi yang memanfaatkan permainan susunan huruf layaknya sandi AND, sandi depan, sandi belakang, maupun sandi depan belakang tidak berguna. Sehingga kerap kali kalimat soal sandi yang dihasilkan memberikan kesan lucu, unik, dan menarik.

Bagi anggota pramuka, kerap kali menjumpai sandi ini dalam latihan kepramukaan. Karena sandi ini tergolong sandi yang mudah baik untuk membuatnya maupun untuk membacanya. Meskipun sering kali membutuhkan keseriusan dan ketelitian untuk memecahkannya. Sandi-sandi dalam kepramukaan lainnya semisal sandi jam, sandi kimia, sandi koordinat, sandi rumput, dan lainnya.

Contoh sandi katak :

sandi katak loncat

Cara Membaca dan Membuat Sandi Katak

Membuat dan membaca sandi katak atau sandi loncat tidaklah sulit. Karena sebagaimana disampaikan di awal, inti dari sandi ini merupakan permainan susunan huruf. Dimana layaknya sandi AND ataupun sandi depan, dalam pembuatan sandi ini ditambahkan huruf-huruf yang tidak berguna untuk mengelabui dan membuat pesan menjadi sulit terbaca. Sehingga untuk dapat membacanya, huruf-huruf tambahan tersebut harus dihilangkan atau dihapus.

Untuk mempelajari cara membaca dan membuat sandi katak atau sandi loncat, perhatikan dan simak baik-baik langkah-langkahnya dalam video berikut ini.



Dalam video di atas dicontohkan cara membaca salah satu sandi katak yang menggunakan kata kunci "seekor katak melompat-lompat sejauh 3 meter". Sedangkan bunyi soal sandi adalah "PIARA KAMU MODUS IKATAN TRADISIA".

Itulah salah satu teknik kepramukaan (scouting skill) terkait dengan sandi katak. Kegiatan memecahkan sandi selain akan mengasah kemampuan berfikir dan memecahkan masalah pun memberikan hiburan dan tantangan tersendiri bagi pramuka.


EmoticonEmoticon