Sandi Pramuka: Sandi AND

Alam Endah | 9:38 AM | 0 comments

Sandi Pramuka ini dikenal sebagai Sandi AND. Penamaann sandi ini lantaran peran utama kata AND yang menentukan dalam membaca sandi ini. Sebagaimana sandi angka, sandi AND termasuk salah satu sandi yang dalam kepramukaan sudah diajarkan sejak pramuka Siaga. Meskipun demikian sandi ini tetap sering digunakan oleh golongan pramuka lain semisal penggalang, bahkan penegak dan pandega.

Sandi ini sederhana dan khas sekali. Sehingga meskipun tanpa diberi kata kunci sekalipun atau langsung membaca soal sandinya, akan langsung diketahui jenis dan sudah dapat memecahkan soal sandi AND dengan mudah.

Untuk mempelajari cara membaca dan membuat sandi AND, perhatikan gambar berikut:

Contoh sandi AND, klik untuk memberpesar gambar

Untuk mengenali jenis sandi, seperti disebutkan di atas, cukup mudah, apalagi soal sandi ini selalu terlihat khas. Namun tidak ada salahnya kita perhatikan kata kunci yang disediakan. Dalam contoh di atas kata kuncinya adalah: "Lagi-lagi AND, bikin runyam dan sebel aja, ki....". Kata "AND" mengindikasikan bahwa sandi ini adalah sandi AND. 

Cara membaca atau memecahkan sandi AND sangat gampang. Perhatikan bahwa setiap kata dalam soal sandi itu selalu mengandung "AND" seperti ANDAN, ANDAK, PRANDA, dan seterusnya. Seperti disebutkan dalam kata kunci pada contoh sandi di atas, "bikin runyam dan sebel aja" kalau ada membuat runyam dan sebel berarti sebaliknya kalau tidak ada akan membuat jelas dan senang!. Maka dari itu huruf "AND" cukup dihilangkan atau dihapuskan seperti pada gambar di bawah.


Dari kata pertama "ANDAN" dicoret AND-nya sehingga menyisakan "AN". Pada kata kedua, kata "ANDAK" dicoret "AND"-nya sehingga menyisakan "AK". Demikian dilakukan hal yang sama pada kata-kata berikutnya sehingga akan tersisa: "AN", "AK", "PRA", "MU", "KA", "HA", "RUS", dan "SE". Jika huruf-huruf itu dirangkai akan membentuk sebuah kalimat, ANAK PRAMUKA SE....

Nah, dengan dua baris sandi AND di atas sudah terbaca beberapa kalimat. Tentunya sekarang tidak sulit bagi adik-adik pramuka untuk meneruskan sehingga kesemua kata dalam soal sandi AND di atas terpecahkan dan membentuk sebuah kalimat yang utuh.

selamat bereksperimen dan bermain dengan sandi AND.
Bagikan :

Category : , ,

About PramukaRia.blogspot.com :
PramukaRia.blogspot.com adalah situs pramuka, Gerakan Pramuka, dan kepramukaan. Mencoba menjadi media komunikasi dan pembelajaran kepramukaan antar sesama pramuka di Indonesia!

0 comments