Wednesday, September 4, 2013

Cara Membaca Sandi Koordinat

Cara membaca sandi koordinat bagi yang tidak mengetahui caranya bisa menjadi sangat sulit. Padahal sandi kordinat sangat mudah dan mengasyikkan untuk dipecahkan (dikerjakan). Namun bagi adik-adik pramuka yang belum mengetahui cara mengerjakan sandi koordinat, jangan khawatir. Blog Materi Pramuka, Pramukaria, akan membahas salah satu teknik kepramukaan ini segera.

Sandi Koordinat terinspirasi oleh salah satu materi dalam pelajaran matematika yaitu 'Sistem Koordinat Kartesius'. Koordinat Kartesius sendiri merupakan sebuah sistem untuk menentukan posisi titik atau obyek pada sebuah bidang dengan dua bilangan yang biasa disebut sebagai koordinat x dan koordinat y.

Prinsip yang sama berlaku pada sandi koordinat ini. Dengan memanfaatkan perpotongan sumbu x dan y serta deret alfabet, sandi ini menjadi salah satu materi teknik kepramukaan yang asik untuk dipecahkan.

Cara Membaca Sandi Koordinat

Sandi Koordinat biasanya dilengkapi dengan kata kunci semisal: “Jika tidak ingin tersesat, jangan lupa melihat posisi  regu adik dengan kordinat x/y = KEMAH MESRA”; "Temukan posisi yang aman pada kordinat x/y = GADIS TIMUR" dan sejenisnya. dan untuk soal sandinya selalu terdiri atas deretan abjad yang terkelompok dua-dua semisal: ME AM GT DR dan sejenisnya.

Untuk lebih jelasnya lihat contoh sandi koordinat berikut:

sandi koordinat
Contoh Sandi Koordinat. Klik gambar untuk memperbesar

Pada sandi di atas, kata kunci sandinya adalah “Jika tidak ingin tersesat, jangan lupa melihat posisi  regu adik dengan kordinat x/y = KEMAH MESRA”. Sedangkan soal sandinya berbunyi: AR KM HR HA KM KS KA KS KA AM KM MR MS KM KS KM AS.

Penggalan kata kunci, "x/y = KEMAH MESRA” inilah yang nantinya berguna dalam memecahkan sandi koordinat ini. Kalimat tersebut mempunyai arti kata "KEMAH" menjadi sumbu X sedangkan kata "MESRA" menjadi sumbu Y. Hingga kita bisa memecahkan sandi ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buatlah sebuah sistem koordinat kartesius dengan menggunakan kata "KEMAH" sebagai sumbu X dan kata "MESRA" sebagai sumbu Y.
  2. Isikan deret abjat dari A hingga Z pada sistem koordinat tersebut. Lihat gambar:
  3. Jika tidak mencukupi, gunakan cell terakhir untuk dua huruf sekaligus yaitu Y dan Z
  4. Gunakan gambar tersebut untuk memecahkan soal sandi dengan cara:
    1. Soal pertama: AR, tarik garis dari huruf "A" (dari kata KEMAH) secara vertikal (ke bawah) kemudian tarik garis dari huruf R (dari kata MESRA) secara horisontal (ke samping). Garis akan bersilangan pada salah satu dari deret abjad (A-Z) yaitu huruf "S". Berarti AR = S.
    2. Lakukan hal sama dengan soal selanjutnya yaitu "KM". Tarik garis dari huruf "K" (dari kata KEMAH) secara vertikal (ke bawah) kemudian tarik garis dari huruf M (dari kata MESRA) secara horisontal (ke samping). Garis akan bersilangan pada salah satu dari deret abjad (A-Z) yaitu huruf "A". Berarti KM = A.
    3. Lakukan hal yang sama hingga semua soal terbaca.
  5. Setelah semua soal terpecahkan kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut: AR = S; KM = A; HR = T; HA = Y atau Z; KM = A. Sehingga jika disusun akan terbaca menjadi SATYA.
Lima huruf pertama sudah dapat kita baca. Untuk huruf-huruf selanjutnya silakan dicoba sendiri untuk latihan. Dan jika penjelasan di atas kurang jelas, tonton saja Video Tutorial Membaca Sandi Koordinat berikut:


Nah, benar-benar mudah dan mengasyikkan kan?. Memang belajar memecahkan sandi merupakan salah satu teknik kepramukaan yang sangat mengasyikkan. Tidak terkecuali Sandi Koordinat.

1 comments so far

Thx Infony Kak.
Tpi GimnaNya Cara memecahkn Sandi Koordinat ini tetapi Kita tidk Mengetahui KunciNy..?
Cara Cepatny Gmna tu Kak..?


Klw AdaCaraNy. Share di Inbox Ya Kak.. nanda.gheodoy@gmail.com


EmoticonEmoticon