Monday, November 18, 2013

Membaca dan Membuat Sandi Rumput

Membaca dan membuat sandi rumput itu gampang atau sulit?. Sebagian pasti menjawabnya gampang dan mudah namun sebagian yang lain bisa jadi menganggapnya sulit. Padahal sandi rumput termasuk salah satu sandi dasar dalam teknik kepramukaan. Sandi ini sudah diajarkan sejak usia pramuka siaga dan tetap dipergunakan bahkan oleh para pramuka penegak.

Di samping itu, sandi rumput mempunyai bentuk yang khas dan cara pengerjaan yang baku. Dengan melihatnya sekilas saja, setiap pramuka yang melihatnya langsung bisa menyebutkan jenis sandi ini. Berbeda dengan sandi lain semisal Sandi Depan, Sandi Turba, Sandi Balik yang sering kali harus benar-benar memahami kata kunci yang disertakan baru bisa dikenali jenis sandinya.

Yang sering kali menyulitkan saat membaca sandi rumput adalah prasyarat utamanya yang harus dibaca dengan menggunakan kode morse. Memang, untuk dapat memecahkan soal sandi rumput mutlak dibutuhkan keterampilan dan penguasaan akan kode morse. Ini seperti ketika membaca sandi kimia yang mana juga membutuhkan kode morse.

Cara Membaca dan Membuat Sandi Rumput

Sandi rumput dibuat dengan memanfaatkan kombinasi garis pendek dan tinggi. Garis-garis tersebut disusun sedemikian rupa sehingga sekilas mirip dengan rerumputan yang berjejer. Untuk jelasnya perhatikan contoh sandi rumput berikut ini.


Garis pendek dan tinggi di atas melambangkan titik dan strip dalam kode morse. Dimana garis pendek merupakan titik dan garis tinggi melambangkan strip. Titik dan strip ini nanti kemudian dibaca dengan menggunakan kode morse. Untuk memisahkan antar huruf dipergunakan tanda tanda pemisah berupa garis mendatar.

Jika belum menguasai kode morse, silakan baca dan pelajari artikel "Cara Cepat dan Mudah Membaca Morse".

Dalam contoh sandi rumput di atas, sandi baris pertama terdiri atas 8 huruf. Masing-masing huruf dipisahkan dengan garis mendatar. Mari coba kita pelajari satu persatu:
  • Huruf pertama terdiri atas dua garis yaitu 'garis pendek' + 'garis tinggi' yang jika ditulis dalam kode morse menjadi . - (titik strip). Dalam kode morse . - berarti huruf "A"
  • Huruf kedua terdiri atas tiga garis yaitu 'garis panjang' + 'garis pendek' + 'garis panjang' yang jika ditulis dalam kode morse menjadi - . - (strip titik strip). Dalam kode morse -.- berarti huruf "K".
  • Huruf ketiga terdiri atas tiga garis yaitu 'garis pendek' + 'garis pendek' + 'garis tinggi' yang jika ditulis dalam kode morse menjadi ..- (titik titik strip). Dalam kode morse ..- berarti huruf "U"
  • Huruf keempat terdiri atas dua garis yaitu 'garis tinggi' + 'garis tinggi' atau -- (strip strip). Dalam kode morse -- = "M".
  • Huruf kelima sama seperti huruf pertama yaitu dua garis yaitu 'garis pendek' + 'garis tinggi' atau ,- (titik strip). Dalam morse .- = "A".
  • Huruf keenam terdiri atas tiga garis yaitu 'garis pendek' + 'garis pendek' + 'garis pendek' atau ... (titik titik titik) yang berarti huruf "S".
  • Huruf ketujuh terdiri atas tiga garis yaitu 'garis pendek + 'garis pendek' + 'garis tinggi' atau ..- (titik titik strip) yang berarti huruf "U".
  • Huruf kedelapan terdiri atas tiga huruf yaitu 'garis tinggi' + 'garis pendek' + 'garis tinggi' atau -.- (strip titik strip) yang berarti huruf K.
Dari hasil membaca sandi rumput baris pertama tersebut kita menemukan huruf-huruf yang jika disusun berurutan akan membentuk kata 'AKU MASUK'. 


Setelah baris pertama terselesaikan, silakan dicoba untuk mengerjakan (memecahkan) baris kedua dan ketiga contoh sandi rumput di atas. Di mana pada baris kedua contoh di atas terdiri atas tujuh huruf dan pada baris ketiganya terdiri atas sepuluh huruf.

Sandi-sandi Lain yang Mirip Sandi Rumput

Dalam kepramukaan sering kali dijumpai beberapa sandi lain yang penampakannya mirip dengan sandi rumput. Dan cara pemecahannyapun sama seperti sandi rumput. Sandi-sandi tersebut diantaranya adalah:
  • Sandi Air. Sama seperti sandi rumput tetapi terbalik ke bawah.
  • Sandi Gergaji. Perpaduan antara sandi rumput dengan sandi air.
  • Sandi Awan
  • Sandi Ombak
  • Sandi Gedung Bertingkat


Kelima sandi tersebut selain bentuknya yang mirip dengan sandi rumput cara pengerjaannya (memecahkannya) pun sama dengan sandi rumput yaitu sama-sama menggunakan kode morse.

Setelah mempelajari sandi rumput, cara membuat dan cara membacanya (termasuk beberapa sandi lain yang mempunyai kemiripan dengan sandi rumput), sekarang tidak ada alasan lagi anggota pramuka untuk mengatakan bahwa sandi rumput itu sulit.

1 comments so far

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon