Wednesday, June 3, 2015

Pramuka Go Green: Satu Pramuka Satu Pohon

Pramuka Go Green: Satu Pramuka Satu Pohon. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tengah mencanangkan gerakan Pramuka Go Green: Satu Pramuka Satu Pohon. Wujudnya adalah kegiatan Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air. Gerakan ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 5 Juni 2015, bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015.

Pramuka Go Green, Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Pramuka Satu Pohon didasari oleh keberadaan Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan. Gerakan Pramuka harus ikut berperan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan, berupaya mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kepedulian dalam kelestarian lingkungan anggotanya. Ini sekaligus sebagai perwujudan pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

Mencintai alam dan lingkungan hidup menjadi satu hal yang sangat penting dalam kepramukaan. Dalam Trisatya Pramuka disebutkan salah satunya adalah "menolong sesama hidup....". Pun dalam dasadarma kedua berbunyi "Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia". Sehingga wajar jika pramuka berperan menjadi "Patriot Lingkungan".

Gerakan Satu Pramuka Satu Pohon
Ilustrasi, Gambar Pramuka Penggalang Putri membawa bibit pohon untuk ditanam

Pramuka Menanam Pohon
Dua pramuka penegak tengah menanam pohon


Mengingat hal tersebut, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mencanangkan "Pramuka Go Green, Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Pramuka Satu Pohon".

Sebagai puncak kegiatan Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Pramuka Satu Pohon, Kwartir Nasional akan memusatkan kegiatannya pada tanggal 5 Juni 2015 di Kabupaten Siak, Riau. Peserta Kemah Budaya Nasional 2015, yang tengah diselenggarakan pada tanggal 3-8 Juni, akan melakukan aksi Gerakan Menanam Satu Pramuka satu Pohon.

Diharapkan semua anggota pramuka di seluruh Indonesia pun mengadakan kegiatan penanaman pohon pada tanggal tersebut. Namun jika tidak dapat dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2015, bisa dilakukan di hari lain atau disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan lain yang diadakan.

Kak Saiko Damai, Bidang LH Kwarnas, dalam statusnya di grup facebook Kwarnas Gerakan Pramuka menegaskan, kepedulian Pramuka dalam ikut mengatasi masalah bukan berarti membuat masalah tersebut terselesaikan. Namun dengan berbagai kegiatan kepedulian yang melibatkan adik-adik Pramuka diharapkan menjadi sarana edukasi bagi yang bersangkutan. Harapannya saat dewasa kelak mampu membentuk pramuka yang lebih peduli pada masalah-masalah kemasyarakatan. Termasuk dalam Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Pramuka Satu Pohon.

Pramuka Patriot Lingkungan
Jadilah Pramuka Patriot Lingkungan


Tunggu apa lagi, Wahai Pramuka. Jadilah Pramuka Patriot Lingkungan, salah satunya dengan melakukan aksi "Satu Pramuka satu Pohon".


EmoticonEmoticon