Sunday, May 24, 2015

Kemah Budaya Nasional Tahun 2015

Kemah Budaya Tingkat Nasional Tahun 2015 akan segera digelar kembali. Kemah Budaya Nasional merupakan salah satu kegiatan pramuka tingkat nasional yang melibatkan para pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Seperti pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, Kemah Budaya Nasional Tahun 2015 diselenggarakan atas kerjasama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada tahun 2015 ini, Kemah Budaya Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 3-8 Juni 2015. Lokasi penyelenggaraannya adalah di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Desa Marempura Hilir, Kec. Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

Kemah Budaya sendiri merupakan wahana pertemua pramuka Penggalang untuk menanamkan dan menumbuh-kembangkan nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa, membina persaudaraan, mempererat persatuan dan kesatuan serta wadah pembinaan karakter bangsa serta jiwa kemandirian.

Logo Kemah Budaya 2015
Logo Kemah Budaya 2015


Perkemahan dengan nama resmi Kemah Budaya Tingkat Nasional Tahun 2015 ini mengambil tema "Harmoni di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Tahun 2045". Sedangkan temanya adalah "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan." Direncanakan sedikitnya 650 pramuka akan mengikuti kegiatan tahunan ini. Pesertanya merupakan pramuka penggalang utusan 34 provinsi se-Indonesia, 12 Kwarcab se-Riau, dan 14 Kwarran se-Kabupaten Siak. Pun ditambah dengan perwakilan pramuka dari beberapa negara tetangga.

Maskot Kemah Budaya 2015
Burung Enggang menjadi Maskot Kemah Budaya 2015


Kegiatan dalam Kemah Budaya Nasional Tahun 2015 dititikberatkan pada pembinaan dan pengembangan jiwa semangat patriotisme dan cinta tanah air serta ketahanan sosial budaya, spiritual, intelektual, dan fisik baik secara individu maupun anggota masyarakat. Macam-macam kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain:

  1. Kegiatan Rutin, meliputi:
    1. Keagamaan
    2. Olahraga
    3. Upacara Bendera dan Apel
  2. Materi Pengantar, meliputi:
    1. Upacara Pembukaan
    2. Orientasi / Penjelasan Kegiatan
    3. Permainan Persahabatan
    4. Welcome Party
    5. Upacara Penutupan
  3. Materi Inti, meliputi:
    1. Pemutaran Film
    2. Zapin Tradisional dan Syair
    3. Pentas Seni
    4. Permainan Tradisional (gasing, terompa panjang, kaki anggau/engrang, tam-tam buku)
    5. Festival Masakan Tradisonal
    6. Cerita Sejaran Pahlawan Daerah
    7. Lomba Mendongeng dalam Bahasa Inggris
    8. Lomba Langgam Melayu dan Berbalas Pantun
    9. Lomba Seni Kriya
    10. Lawatan Sejarah dan Lawatan Budaya
    11. Pameran Budaya
    12. Pementasan Siak Bermadah
  4. Materi Pelengkap, meliputi:
    1. Temu Tokoh
    2. Bazar Pramuka
    3. Sosialisasi Saka Widya Budaya Bakti
    4. Workshop Pembuatan Gabus, Kompang, dan Marwas
    5. Bakti Sosial
    6. Karnaval
    7. Api Unggun
Itulah berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan Kemah Budaya Nasional Tahun 2015 yang akan segera digelar pada tanggal 3-8 Juni 2015 di Buper Tengku Buang Asmara, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.


EmoticonEmoticon