Monday, March 17, 2014

Pelantara IV Tahun 2014

Pelantara IV Tahun 2014 akan kembali digelar. Pelantara atau Pelayaran Lingkar Nusantara merupakan kegiatan untuk Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka yang diselenggarakan oleh Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional. Kegiatan ini telah berlangsung tiga kali dengan kegiatan terakhir, Pelantara III yang dilaksanakan pada 28 Agustus s.d 27 September 2013. Sedangkan Pelantara IV rencananya akan diselenggarakan pada 6 Agustus s.d. 2 September 2014.

Dalam kegiatan Pelantara, para peserta yang merupakan pramuka anggota berbagai Saka di seluruh Indonesia akan diajak mengikuti kegiatan pelayaran dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) melalui rute yang telah ditentukan. Kegiatan juga diisi dengan perkemahan di salah satu tempat yang dilalui rute pelayaran tersebut.

Pada pelaksanaannya yang keempat, Pelantara akan digelar pada tanggal 6 Agustus s.d. 2 September 2014. Rute pelayaran yang diambil adalah Jakarta - Banoa - Kupang - Raja Ampat - Bitung - Balikpapan - Jakarta. Dengan perkemahan yang dilaksanakan di Raja Ampat.

Pelantara 2014
KRI Surabaya 591 yang akan digunakan dalam Pelantara 2014

Para peserta Pelantara akan menaiki KRI Surabaya. Kapal Perang Republik Indonesia dengan nomor lambung 591 ini merupakan salah satu kapal perang milik TNI-AL yang berjenis Landing Platform Dock (LPD) buatan Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan tahun 2005. Kapal berbobot 7.300 ton ini memiliki ukuran panjang 122 meter, lebar 22 meter, draft 163 meter, serta mampu mengangkut 100 awak dan 407 troops dengan 3 helikopter.

Persyaratan Mendaftar Peserta Pelantara IV

Seperti Pelantara sebelumnya, Pelantara IV 2014 ini terbuka bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang terdaftar sebagai anggota Satuan Karya. Meskipun diselenggarakan oleh Saka Bahari namun anggota dari Satuan Karya lainnya tetap bisa mengikuti kegiatan tingkat nasional ini.

Persyaratan lainnya adalah berbadan sehat (jasmani dan rohani), membawa perlengkapan perkemahan dan seragam pramuka, membawa satu buku fiksi atau pengetahuan untuk disumbangkan, pas photo, dan membayar iuran fee sebesar Rp.350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Iuran fee ini digunakan untuk membayar biaya makan selama kegiatan, dan ongkos pembuatan kaos, topi, tiska, dan piagam penghargaan.

Pendaftaran dan seleksi peserta dilaksanakan di masing-masing Kwartir Daerah Gerakan Pramuka sebelum pertengahan Juli 2014. Karena pada 21 Juli 2014 masing-masing Kwarda harus sudah mendaftarkan peserta dari kwardanya ke panitia Pelantara Nasional.

Informasi selengkapnya mengenai persyaratan dan pendaftaran peserta Pelantara dapat ditanyakan ke Kwartir Daerah atau Dewan Kerja Daerah masing-masing. Atau dapat juga mendownload Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0099-00-C tentang Edaran Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) IV Tahun 2014 di sini.

Para anggota Satuan Karya Pramuka se-Indonesia, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan pengalaman berharga berlayar bersama para Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia di atas KRI Surabaya ini.


EmoticonEmoticon