Thursday, June 27, 2013

Logo atau Lambang Saka (Satuan Karya Pramuka)

Logo atau lambang Saka (Satuan karya Pramuka) adalah daftar lambang atau logo berbagai Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia. Logo Satuan Karya Pramuka bukan hanya lambang Saka yang bersifat nasional atau sudah diakui dan ditetapkan dengan SK Kwarnas Gerakan Pramuka dan berlaku di seluruh Indonesia saja. Namun juga disertakan beberapa Saka yang masih bersifat lokal atau hanya berlaku di daerah tertentu dan hanya ditetapkan melalui keputusan Kwartir daerah atau Kwartir Cabang.

Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yaitu meliputi Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana (Keluarga Berencana), Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika. Logo atau lambang dari masing-masing Satuan Karya Pramuka tersebut adalah sebagai berikut (klik masing-masing logo untuk memperbesar):

  • Saka BahariSatuan Karya Pramuka Bahari adalah Saka di bidang kebaharian atau kelautan dengan lambang atau logo:

  • Saka Bakti HusadaSatuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah saka di bidang kesehatan dengan lambang atau logo:

  • Saka BhayangkaraSatuan Karya Bhayangkara adalah Saka di bidang ketertiban masyarakat dengan lambang atau logo:

  • Saka DirgantaraSatuan Karya Pramuka Dirgantara adalah Saka di bidang kedirgantaraan dengan lambang atau logo:

  • Saka Kencana (Keluarga Berencana)Satuan Karya Pramuka Kencana adalah Saka di bidang bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan dengan lambang atau logo:

  • Saka Taruna BumiSatuan Karya Pramuka Taruna Bumi adalah saka di bidang pembangunan pertanian dengan lambang atau logo:

  • Saka WanabaktiSatuan Karya Pramuka Wanabakti adalah saka di bidang pelestarian sumber daya alam, kehutanan, dan lingkungan hidup dengan logo:

  • Saka Wira KartikaSatuan Karya Pramuka Wira Kartika adalah Saka di bidang kewilayahan dan bela negara dengan lambang dan logo:


Selain Saka-saka yang telah berlaku secara nasional tersebut juga terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara lokal di Kwartir daerah atau Kwartir Cabang tertentu saja. Tidak menutup kemungkinan ke depannya Saka-saka tersebut pun bisa berlaku secara nasional jika telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Logo dari beberapa Saka yang masih bersifat lokal tersebut adalah:

  • Saka Bina Sosial; Satuan Karya Pramuka Bina Sosial (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang kesejahteraan sosial dengan lambang atau logo:

  • Saka Pandu Wisata; Satuan Karya Pramuka Pandu Wisata (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka di bidang kepariwisataan dengan logo atau lambang:

  • Saka Pustaka; Satuan Karya Pramuka Pustaka (Kwarda Jawa Tengah) di bidang kepustakaan dengan lambang atau logo:

  • Saka Telematika; Satuan Karya Pramuka Telematika (Kwarda Jawa Barat) di bidang teknologi dan informasi dengan lambang atau logo:

Itulah beberapa Satuan Karya Pramuka yang ada di Indonesia baik Saka yang bersifat nasional (melalui penetapan Kwarnas Gerakan Pramuka) atau pun saka yang masih bersifat lokal. Tentu masih terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka lokal yang belum terdaftar dalam postingan ini.

Untuk pembahasan lebih mendetail tentang masing-masing Satuan Karya Pramuka tersebut akan diposting dalam kesempatan mendatang.

1 comment

  1. selamat pagi maaf admin !! kalo ganggu atau ane gk sopan.. ane minta ijinnya letakkan link blog ente di blog ane!! soalnya ane suka sama blog ente dengan kpramuka'annya !!! tapi minta ijinnya dulu !!! blog ane bookiey.mywapblog
    com mohon maaf sekali lagi

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon