Wednesday, August 19, 2015

JOTA JOTI Nasional 2015

Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet Nasional atau JOTA-JOTI Nasional akan segera dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 ini. Jota-Joti kali ini adalah Jamboree On The Air ke-77 dan Jamboree On The Internet ke-35.

Kepastian pelaksanaan Jota-Joti Nasional tahun 2015 ini dipastikan berdasarkan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dikirimkan kepada Ketua Kwartir Daerah dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Indonesia. Dalam surat bernomor 0746-00-N tertanggal 12 Agustus 2015 disebutkan bahwa Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-77 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-35 akan diselenggarakan secara serentak pada tanggal 21 s.d 23 Agustus 2015.

Di halaman facebook resmi Kwartir Nasional, pun telah di-upload logo  Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-77 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-35. Adapun logo resmi kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.

Logo JOTA JOTI Nasional 2015
Logo JOTA JOTI Nasional 2015


JOTA atau Jamboree On The Air adalah salah satu pertemuan bagi pramuka lintas golongan (semua golongan usia) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam JOTA, setiap pramuka dapat berbincang, berdiskusi, dan bertukar pengalaman dengan pramuka lain di seluruh Indonesia dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan JOTI, serupa dengan JOTA, hanya saja media komunikasi yang dipergunakan adalah chatting via internet. Selain akan mendapatkan berbagai pengalaman dan sahabat baru dari sesama anggota pramuka se Indonesia, peserta JOTA-JOTI Nasional akan memperoleh Tiska yang dapat dikenakan pada pakaian seragam pramuka.

Bagaimana Cara Mengikuti JOTA dan JOTI Nasional 2015?


Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengikuti JOTA dan JOTI Nasional 2015 cukup gampang dan mudah. Cara paling mudah adalah dengan menghubungi dan mendaftarkan diri di Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang (DKC) di kabupaten atau kota masing-masing. Di sana, oleh kakak-kakak Dewan Kerja, peserta akan dipandu bagaimana cara mengikuti JOTA dan JOTI.

Cara berpartisipasi dalam JOTA dan JOTI secara lebih detail dapat juga dibaca dalam artikel : Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.

Selain JOTA-JOTI Nasional, setiap tahun pun dilaksanakan JOTA-JOTI se-Asia Fasific atau biasa disebut sebagai Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ) dan JOTA-JOTI Internasional. JOTA-JOTI Internasional akan diselenggarakan pada tanggal 16-18 Oktober 2015. (Baca juga : Lagi, Pramuka Indonesia Menang Kontes Logo JOTA JOTI 2015).

Bagi para pramuka se Indonesia, mari jangan lewatkan kegiatan tahunan berskala nasional ini. Pada 21 s.d 23 Agustus 2015, mari beramai-ramai mengikuti Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-77 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-35.


EmoticonEmoticon