Friday, July 19, 2013

Cara Berpartisipasi dalam Jota-Joti

Bagaimana cara berpartisipasi dalam Jota dan Joti? Apa yang dilakukan jika ingin mengikuti kegiatan Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti)? Padahal Jota-Joti 2013 (Jota Nasional ke-73 dan Joti Nasional ke-31 sekaligus 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree) akan segera dilaksanakan besok pada 2 - 4 Agustus 2013. Dan Jota-Joti Internasional akan dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2013.

Untuk ikut berpartisipasi atau mengikuti kegiatan Jota dan Joti sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang sama-sama mudahnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, sedangkan cara kedua adalah cara mandiri.

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.

Stasiun Penyerta Jota-Joti (Foto: Grup FB DKC Kab. Pati)

Melalui Kwarcab dan DKC

Jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan Jota dan Joti baik tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik) maupun tingkat dunia, cara yang pertama adalah memanfaatkan keberadaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) yang ada di masing-masing kota atau kabupaten. Kwarcab dan DKC se-Indonesia akan membentuk stasiun Jota dan Joti di masing-masing kota atau kabupaten. Setiap pramuka yang ingin mengikuti Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) tinggal mendatangi stasiun ini dan nantinya akan dipandu oleh kakak-kakak operator dari Dewan Kerja Cabang mulai dari proses registrasi hingga pelaksanaannya.

Dengan mengikuti Jota dan Joti dari stasiun yang didirikan oleh Kwarcab dan DKC ini setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan pun akan mendapatkan piagam kegiatan dan Tanda Ikut Serta Kegiatan atau Tiska yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Jota Joti Mandiri

Selain memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Cabang di masing-masing kota dan kabupaten, para pramuka pun bisa mengikuti Jota dan Joti secara mandiri. Mengikuti Jota-Joti secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), panduan-panduan, dan sewaktu persiapan hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi Jota-Joti yang disediakan oleh WOSM.

Langkah-langkah pendaftaran sila baca artikel: Cara Registrasi Peserta Jota-Joti

Peserta Jota-Joti Internasional secara mandiri dapat memperoleh piagam penghargaan dengan cara memprint piagam online yang diberikan melalui situs jota-joti.

Nah itulah dua pilihan untuk ikut berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) baik memanfaatkan fasilitas Kwarcab dan DKC ataupun mengikutinya secara mandiri. Jika memilih cara pertama, segeralah menghubungi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di tempat masing-masing.

Add Comments


EmoticonEmoticon