Thursday, July 23, 2015

Logo Hari Pramuka Ke-54 Tahun 2015

Logo Hari Pramuka ke-54 telah dirilis oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Logo Hari Pramuka ke-54 yang sekaligus disebut sebagai logo 54 Tahun Gerakan Pramuka ini telah diperkenalkan melalui posting di akun twitter kwarnas (@kwarnas), Page Facebook Kwartir Nasional, maupun di grup facebook kwarnas.

Seperti logo tahun sebelumnya (Logo Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014), logo tahun ini masih menggunakan bentuk lingkaran. Di tengah-tengahnya terdapat angka "54" berukuran besar dan mendominasi dengan warna putih. Di pojok kanan dan kiri atas angka tersebut tersemat lambang Gerakan Pramuka (tunas kelapa) dan lambang WOSM (pandu dunia). Sedangkan di bagian bawahnya tertera tulisan "PRAMUKA" dan "1961-2015".

Di bagian bawah lingkaran tertulis tema Hari Pramuka ke-54 yang berbunyi "Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi". Baca : Tema Hari Pramuka Ke-54 Tahun 2015.

Sedangkan background logo di sekitar angka "54" yang membentuk lingkaran terdiri atas berbagai warna-warni. Warna-warni yang mengelilingi angka adalah unsur-unsur pembentuk warna putih, dimana angka 54 berwarna putih. Warna-warni ini  melambangkan unsur perkembangan fisik, mental, dan spritual. Makna logo Hari Pramuka ini secara lebih detail, sampai saat ini belum disertakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, baik melalui edaran resmi maupun disertakan saat rilis logo.

Logo 54 Tahun Gerakan Pramuka atau logo Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 tersebut adalah sebagai berikut.

Logo Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015
Logo Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015


Logo tersebut akan digunakan secara nasional. Artinya, semua kegiatan peringatan Hari Pramuka di Indonesia, mulai dari tingkat Kwartir Nasional hingga gugusdepan, pada tahun 2015 ini diharapkan akan menggunakan logo tersebut.



EmoticonEmoticon