Monday, March 9, 2015

Kapan JOTA-JOTI 2015 Diselenggarakan?

Kapan JOTA-JOTI Tahun 2015 diselenggarakan?, tanya seorang adik dalam sebuah latihan kepramukaan. Dia menanyakan pelaksanaan JOTA-JOTI 2015 karena memang sangat berminat untuk dapat mengikutinya. Dalam penyelenggaraan tahun sebelumnya, dia belum mengenal apa itu JOTA dan JOTI yang ternyata merupakan salah satu pertemuan pramuka.

Ya, JOTA-JOTI adalah salah satu pertemuan bagi para pramuka yang diselenggarakan setiap tahun. JOTA atau Jamboree On The Air adalah pertemuan Pramuka melalui udara, bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Para pramuka dari berbagai golongan dapat berkomunikasi, berdiskusi, dan berbagai pengalaman dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Sedangkan JOTI atau Jamboree on the Internet adalah pertemuan anggota pramuka dengan memanfaatkan media chating internet. Baik JOTA maupun JOTI dapat diikuti oleh semua anggota pramuka dari semua golongan anggota.

Lalu, kapan JOTA dan JOTI tahun 2015 diselenggarakan? JOTA-JOTI terdiri atas tiga jenis. Ketiganya adalah :
  1. JOTA-JOTI tingkat Nasional
  2. JOTA-JOTI tingkat Regional Asia Pasifik, biasa disebut sebagai Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ)
  3. JOTA-JOTI Internasional.

JOTA-JOTI Nasional dan Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ / JOTA-JOTI Regional Asia Fasifik) biasanya diselenggarakan berbarengan. Waktu penyelenggaraannya adalah tanggal 1-3 Agustus 2015. Sedangkan JOTA-JOTI Internasional akan diselenggarakan pada tanggal 16-18 Oktober 2015.

JOTA-JOTI 2015


Nah, bagi yang tahun lalu telah mengikuti JOTA dan JOTI pasti ketagihan dan ingin mengikutinya lagi di penyelenggaraan tahun ini. Sedang bagi yang belum pernah mengikuti, jangan lewatkan agenda kegiatan rutin Gerakan Pramuka ini.


EmoticonEmoticon