Saturday, July 20, 2013

JOTA JOTI Nasional dan APR 2013

JOTA JOTI Nasional dan APR 2013 akan dilaksanakan pada 2-4 Agustus 2013. Adalah Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 serta 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA-JOTI tingkat Asia Pasifik) akan berlangsung besok mulai tanggal 2-4 Agustus 2013.

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) merupakan salah satu pertemuan dalam kepramukaan yang menjadi kegiatan tahunan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet. JOTA dan JOTI dilaksanakan di tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik), dan Internasional.

Seorang pramuka putri sedang 'ber-Jota' (foto: Grup FB DKD Jateng)

Sebagai salah satu pertemuan pramuka, JOTA dan JOTI dapat diikuti oleh seluruh golongan anggota pramuka mulai dari peserta didik hingga anggota dewasa. JOTA JOTI Nasional 2013 tepatnya akan berlangsung selama satu hari yaitu pada tanggal 2 Agustus 2013 yang kemudian dilanjutkan oleh Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA JOTI tingkat Asia Pasifik) pada tanggal 3-4 Agustus.

Adapun logo dari Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 yang pelaksanaan digabungkan dengan 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree, logonyapun mengadopsi dari logo APR Air/Internet Jamboree sebagai berikut:

Logo Jota-Joti Nasional dan APR Air/Internet Jamboree 2013

Dalam pelaksanaan JOTA-JOTI, setiap Kwartir Cabang Gerakan Pramuka akan melakukan kerja sama dengan ORARI dan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk membuat stasiun JOTA-JOTI. Dari stasiun-stasiun yang didirikan inilah setiap pramuka berkesempatan untuk mengikuti JOTA dan JOTI sehingga dapat berkomunikasi, bertukar pikiran, serta berdiskusi dengan berbagai pramuka lain se-Indonesia dan se-Asia Pasifik.

Untuk tata cara dan prosedur agar bisa mengikuti JOTA dan JOTI, silakan baca artikel sebelumnnya: Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.

2 comments

  1. Moga2 boleh bertemu di udara bersama station 9M2PPM dari Malaysia.
    Akan mula berkeudara pada tanggal 2 Aug 2013 jam 0800UTC sehingga 4 Aug 2013 jam 0200 UTC.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon