Monday, December 15, 2014

Game Outbound Pramuka Jarum Mustika

Pramukaria. Game outbound Pramuka Jarum Mustika merupakan salah satu dari banyak game dan permainan outbound yang bisa dilaksanakan dalam latihan pramuka dan kegiatan kepramukaan. Game Jarum Mustika, selain seru dan mengasyikkan, pun banyak memberikan pendidikan dan penanaman karakter dan sikap pada peserta didik Pramuka. Dan sebagai permainan yang harus dimainkan secara berkelompok, Jarum Mustika akan sangat tepat sebagai media pembentukan team building dan kekompakan kelompok.

Bisa dikatakan Game outbound Pramuka Jarum Mustika merupakan pengembangan dari game sejenis yang biasanya dilakukan secara perseorangan. Dan ketikan permainan pramuka ini dilakukan secara berkelompok, keseruan, tingkat kesulitan, hingga nilai-nilai dari permainan ini semakin kentara.

Untuk melaksanakan jenis game outbound ini tidak sulit. Peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan pun bisa didapatkan dengan mudah. Dan game sebagaimana dalam artikel dan video ini tidak baku sehingga dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan situasi. Baik dari segi jenis peralatan yang digunakan maupun dari jumlah peserta yang memainkannya dalam satu kelompok. Termasuk untuk nama permainan, "Jarum Mustika" dapat juga diubah atau disesuaikan.

Baca Juga : Game Outbound Pramuka Stepping Carpets atau Kapal Pecah

Game Pramuka Jarum Mustika


Peralatan dan Aturan Main


Peralatan yang dibutuhkan antara lain :

  1. Botol kaca atau sejenisnya yang memiliki lubang berukuran kecil di bagian atasnya.
  2. Polpen, pensil atau sejenisnya yang memiliki diameter lebih kecil dari pada mulut botol.
  3. Beberapa utas tali.
Aturan permainan dan cara memainkan game outbound Jarum Mustika ini dapat dilihat di video berikut ini. Silakan klik tombol play (segi tiha di tengah video)


Secara sederhana cara memainkannya adalah persiapkan dulu peralatannya yaitu botol kaca dan pensil yang diikatkan dengan beberapa utas tali. Setiap kelompok (tim) memegang ujung tali (atau diikatkan di tubuh) sehingga pensil terentang dengan tali di atas botol. Dengan saling membelakangi, kelompok berusaha memasukkan pensil ke dalam mulut botol. Tim yang memenangkan permainan adalah yang mencatatkan waktu tercepat. Atau bisa juga dibuat semisal kompetisi adu cepat dengan beberapa tim yang bermain bersama. Tim pemenang adalah kelompok yang paling awal (cepat) memasukkan pensil ke dalam mulut botol.

Meskipun sederhana namun game outbound Pramuka Jarum Mustika ini cukup baik untuk menanamkan nilai-nilai kekompakan kelompok (team building). Menumbuhkan dan mengembangkan nilai kepemimpinan, saling koordinasi antara anggota kelompok, dan melatih kesabaran masing-masing anggotanya.


EmoticonEmoticon