Thursday, August 7, 2014

Lagu Wajib Bendera Merah Putih dan Lirik

Lagu Bendera Merah Putih merupakan salah satu lagu wajib nasional sekaligus lagu perjuangan. Lagu ini diciptakan oleh salah satu komposer terkenal Indonesia, Ibu Soed. Bagi anggota Gerakan Pramuka, lagu wajib merupakan salah satu pengetahuan dan ketrampilan yang harus dikuasai. Seorang pramuka harus mengenal dan mampu menyanyi beberapa lagu wajib nasional.

Penguasan terhadap lagu wajib menjadi salah satu syarat kecakapan umum. Syarat tersebut terdapat pada SKU Penggalang Ramu (nomor 16) maupun SKU Penggalang Terap (nomor 16). Di mana seorang pramuka penggalang harus mampu menyanyikan beberapa lagu wajib, beberapa lagu daerah tempat tinggalnya dan beberapa lagu daerah lainnya.

Dan salah satu lagu wajib yang seharusnya dikuasai oleh seorang pramuka adalah lagu berjudul Bendera Merah Putih. Lagu ini diciptakan oleh Saridjah Niung Bintang Soedibjo atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Sud. Beliau lahir di Sukabumi pada tanggal 26 Maret 1908 dan meninggal tahun 1993. Ibu Sud terkenal dengan berbagai lagu anak-anak di Indonesia dan lagu perjuangan yang telah diciptakannya. Tidak sedikit lagu ciptaannya yang kemudian ditetapkan sebagai lagu wajib nasional, termasuk lagu Bendera Merah Putih ini. Lagu wajib nasional lainnya yang beliau ciptakan antara lain lagu Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku.



Video dan Teks Lirik Lagu Bendera Merah Putih


Lirik lagu Bendera Merah Putih sangat singkat dan mudah dihafalkan. Adapun liriknya adalah sebagai berikut :
BENDERA MERAH PUTIH

Bendera Merah Putih
Bendera tanah airku
Gagah dan jernih tampak warnamu
Berkibaran di langit yang biru
Bendera Merah Putih
Bendera bangsaku

Selain memberikan lirik lagu tersebut, Blog Materi Pramuka ini juga memberikan video lagu Bendera Merah Putih. Video yang telah diupload ke situs youtube tersebut dapat ditonton langsung di bawah ini :


Itulah video dan lirik lagu Bendera Merah Putih.


EmoticonEmoticon