Thursday, December 5, 2013

Penghargaan Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat 2013

Penghargaan Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat Tingkat Nasional Masa Bhakti 2008-2013 dianugerahkan dalam Munas Gerakan Pramuka 2013 ini. Adalah Kwartir Daerah IX Jawa Tengah yang kemudian dinobatkan sebagai Kwarda Tergiat Masa Bhakti 2008-2013. Sehingga Kwarda Jawa Tengah berhak membawa pulang Tunggul Kwarda Tergiat.

Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat merupakan penghargaan yang diberikan kepada kwartir daerah se Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan program kegiatan dan prestasi kerja yang telah diraih oleh masing-masing kwartir daerah. Penghargaan ini diberikan setelah Kwartir Nasional melakukan monitoring terhadap kinerja seluruh kwartir daerah se Indonesia. Penyerahan tunggul ini dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Roy Suryo, dalam acara pembukaan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka, Selasa (2 Desember) di Kupang.

Kwartir Daerah Tergiat kedua dan ketiga peraih Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat Tingkat Nasional mendampingi Jawa Tengah berturut-turut adalah Kwartir Daerah Jawa Barat dan Kwartir Daerah Sulawesi Selatan. Kwarda Jawa Tengah saat ini dipimpin oleh Kak S. Budi Prayitno, sedangkangkan Kwarda Jawa Barat dan Sulawesi Selatan masing-masing diketuai oleh Kak Dede Yusuf Macan Effendi dan Kak Syahrul Yasin Limpo.

Tunggul Kwarda Tergiat
Kakwarda Jawa Tengah menerima Tunggul Kwarda Tergiat Tingkat Nasional 2013

Di samping menganugerahkan Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat I, II, dan III secara nasional, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga memberikan penghargaan Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat untuk masing-masing zona wilayah. Terdapat enam zona wilayah yang meliputi:

  • Wilayah Sumatera : Kwarda Sumatera Selatan
  • Wilayah Jawa : Kwarda Jawa Tengah
  • Wilayah Bali dan Nusa Tenggara : Kwarda Nusa Tenggara Timur
  • Wilayah Kalimantan : Kwarda Kalimantan Selatan
  • Wilayah Sulawesi : Kwarda Sulawesi Selatan
  • Wilayah Maluku dan Papua : Kwarda Maluku
Keputusan tentang penganugerahan Tunggul Kwartir Daerah Tergiat ini dituangkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 224 Tahun 2013 tentang Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat Masa Bakti Kwarnas Gerakan Pramuka Tahun 2008-2013.

Sumber : pramuka.or.id

Add Comments


EmoticonEmoticon