Saturday, December 21, 2013

Daftar Aplikasi Android untuk Pramuka

Daftar aplikasi android untuk pramuka ini layak dicoba. Apalagi saat ini dimana banyak orang yang menggunakan perangkat seluler berbasis android. Tidak terkecuali para pramuka mulai dari peserta didik hingga anggota pramuka dewasa.

Perangkat seluler berbasis android memang mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya tersedia berbagai aplikasi yang bisa dipasang dengan mudah. Bahkah aplikasi non berbayar (gratis) pun sangat banyak. Termasuk berbagai aplikasi terkait pramuka dan kepramukaan. Dengan memasang aplikasi-aplikasi tentang pramuka di android, seakan kita memiliki berbagai sumber referensi dan 'pembina pramuka' mobile yang bisa dibuka kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Pramuka di Android 

Di antara berbagai aplikasi tentang pramuka yang bisa didownload dan dipasang di android, banyak yang bagus dan gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah:

Belajar Simpul & Tali-Temali

Aplikasi Simpul & Tali-Temali merupakan salah satu aplikasi terbaik android tentang pramuka yang dibuat putra Indonesia. Berisikan panduan dasar dalam belajar membuat bermacam-macam jenis simpul yang disertai gambar ilustrasi. Mulai dari simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, hingga simpul kursi dan penarik bisa dipelajari dengan aplikasi ini. Untuk mendownload dan memasangnya, kunjungi: Google Play di sini.

Buku Saku Pramuka

Aplikasi android pramuka bernama Buku Saku Pramuka ini memang layak disebut buku saku. Isinya berbagai macam hal terkait pramuka mulai dari pengetahuan dasar pramuka, teknik kepramukaan, tokoh, tanda pengenal, lagu-lagu pramuka, dll. Untuk menggunkannya silakan unduh dan pasang dengan mengunjungi: Google Play di Sini.

Morse Code Keyboard


Aplikasi dengan nama Morse Code Keyboard ini menjadi salah satu aplikasi penerjemah morse tercepat dan termudah dalam pengoperasiannya. Pun sangat memudahkan bagi anggota pramuka dalam belajar sandi morse. Untuk menggunkannya silakan unduh dan pasang dengan mengunjungi: Google Play di Sini.

Semaphore Flag Signalling

Dengan Aplikasi android Semaphore Flag Signalling. setiap pramuka dapat mempelajari isyarat semaphore dengan mudah. Cukup mengetikkan kata yang diinginkan dan isyarat semaphore akan otomatis tertampilkan. Pun ada menu tes dan quis yang membuat belajar semaphore menjadi semakin menyenangkan. Untuk menggunkannya silakan unduh dan pasang dengan mengunjungi: Google Play di Sini.

Aplikasi Lainnya

Masih banyak aplikasi android lainnya yang terkait dengan kepramukaan dan pramuka baik yang dibuat oleh orang Indonesia maupun buatan luar negeri. Untuk menjelajahinya cukup masuk ke akun Google Play masing-masing dan ketikkan kata kunci "pramuka" atau "scout" di bilah pencarian.

2 comments

keren banget ini aplikasi, sayangnya masih belum punya android. lagi belajar untuk melatih pramuka ni. nemu blog yang sangat bermanfaat bagi saya yang masih sedikit kurang ilmu kepramukaanya.

Semakin maju pramuka, belajar pramuka jadi semakin mudah dengan aplikasi terbaru dari Google.


EmoticonEmoticon