Friday, December 6, 2013

Adhyaksa Dault Jadi Ketua Kwarnas 2013-2018

Adhyaksa Dault akhirnya terpilih menjadi Ketua Kwarnas Geralan Pramuka Masa Bhakti 2013-2018. Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bhakti sebelumnya, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, MPH.

Pemilihan ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bhakti 2013-2018 merupakan salah satu hasil Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka yang berlangsung di Kupang Nusa Tenggara Timur pada 2-5 Desember 2013. Dalam pemilihan Ketua Kwartir Nasional ini, Adhyaksa Dault, memperoleh 17 suara. Mengungguli tiga calon lainnya yaitu Jana Tjahjana Aanggadiredja (memperoleh 15 suara), Nanan Sukarna (1 suara), dan  Eris Heryanto (1 suara).

Sebelumnya Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menetapkan 10 Bakal Calon (Balon) Ketua Kwartir Nasional. Kesepuluh balon tersebut adalah :
  1. Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. (mantan Menpora)
  2. Dede Yusuf Macan Effendi (mantan wakil Gubernur dan Ketua Kwarda Jawa Barat)
  3. Marsdya (Purn) Eris Heryanto (mantan Sesjen Kemhan dan Wakil Ketua Kwarnas)
  4. Prof. Dr. Jana Anggadiredja (mantan Deputi Kepala BPPT dan wakil ketua Kwarnas)
  5. Dr Syahrul Yasin Limpo (Gubernur dan Ketua Kwarda Sulawesi Selatan)
  6. Komjen (Purn) Nanan Sukarna (mantan Waka Polri)
  7. Azwar Abu Bakar (Menpan dan politisi PAN)
  8. Prabowo Subianto (politisi Gerindra)
  9. Pramono Edhi Wibowo (politisi PD)
  10. Irman Gusman (Ketua DPD)
Dari sepuluh bakal calon tersebut, oleh peserta Musyawarah Nasional dikerucutkan hingga tersisa 6 calon ketua Kwartir Nasional yang terdiri atas : 

  1. Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. 
  2. Dede Yusuf Macan Effendi 
  3. Marsdya (Purn) Eris Heryanto 
  4. Prof. Dr. Jana Anggadiredja 
  5. Dr Syahrul Yasin Limpo 
  6. Komjen (Purn) Nanan Sukarna 
Kak Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka 2013-2018
Kak Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka 2013-2018

Menjelang pemilihan, dua orang calon yaitu Dede Yusuf dan Dr Syahrul Yasin Limpo menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan. Akhirnya tinggal 4 kandidat yang bersaing dalam perebutan ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masa bhakti 2013-2018. Dalam pemilihan yang berlangsung pada hari Kamis, Adhyaksa Dault memenangi pemilihan ketua Kwartir Nasional setelah mengantongi 17 suara dari 34 suara yang diperebutkan (33 Kwartir Daerah dan 1 Kwartir Nasional).

Seusai terpilih Kak Adhyaksa berjanji melanjutkan program kerja dari kakwarnas sebelumnya. "Tiga bulan pertama, kami akan konsolidasi organisasi," katanya. Di samping itu Kak Adhyaksa akan melakukan pembenahan pada dua aspek, yakni aturan dan sumber daya manusia (SDM). "Aturan mainnya bagus, tapi tidak didukung SDM yang baik, percuma saja, dan sebaliknya," katanya. Dan satu lagi yang terpenting, membuat program-program yang bisa menjawab kebutuhan anak-anak muda karena anak muda sudah mulai tidak menyukai kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Profil Kak Adhyaksa Dault

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bhakti 2013-2018, Dr. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si. adalah mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (2004-2005). Lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, 7 Juni 1963. Suami dari Drg. Mira Arismunandar, serta ayah dari Umar Adiputra Adhyaksa dan Fakhira Putri Maryam Adhyaksa. Memperoleh gelar sarjana dari Universitas Trisakti (1989); Magister dari Universitas Indonesia (1999), dan Doktor dari Institut Pertanian Bogor (2007). Di sosial media, Kak Adhyaksa Dault bisa disapa di akun twitternya, @adhyaksadault.

Biodata dan Profil Kak Adhyaksa Dault akan disajikan di artikel lainnya.

Akhirnya selamat buat Kak Adhyaksa Dault. Selamat mengemban amanat menahkodai Gerakan Pramuka Indonesia. Dan selamat ber-Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan.

2 comments

kak mohon izin copas tulisan ini untuk media cetak yang hendak kami garap
terima kasih


EmoticonEmoticon