Naskah Acara Renungan Ulang Janji Hari Pramuka

Alam Endah | 5:30 AM | 0 comments

Naskah Acara Renungan Ulang Janji Hari Pramuka ini merupakan post tentang susunan (urutan) acara Renungan Ulang Janji Hari Pramuka yang dilengkapi dengan naskah pembawa acara dan tata urutan pelaksanaan Renungan dan Ulang Janji, contoh Naskah Ulang Janji, serta contoh Teks Renungan peringatan Hari Pramuka.

Upacara Renungan dan Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Acara ini diikuti oleh pramuka penegak, pramuka pandega, dan pramuka dewasa dan dilaksanakan di tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, hingga Gugusdepan.

Sesuai dengan namanya, inti acara ini adalah melakukan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji (Satya Pramuka).

Upacara-Renungan-Ulang-Janji
Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka (foto: dkcpekalongankab.blogspot.com)

Dalam artikel ini akan disertakan tentang Susunan (Tata Urutan) Acara Renungan dan Ulang Janji; Naskah Pembawa Acara yang dilengkapi Tata Urutan Pelaksanaan Upacara Renungan dan Ulang Janji; Naskah Ulang Janji, serta Teks Renungan.

Persiapan Upacara Renungan dan Ulang Janji

Sebelum dilaksanakan, perlu dipersiapkan peralatan dan petugas Upacara Renungan dan Ulang Janji. Peralatan yang dibutuhkan antara lain; Obor Utama (Pelita Abadi), Sepuluh buah Obor Dasadarma, Naskah Pembawa Acara, Naskah Ulang Janji, Teks Renungan, dan Teks Doa.

Sedangkan petugas Upacara Renungan dan Ulang Janji terdiri atas Pembina Upacara, Pemimpin Upacara, Pembawa Acara, 10 Petugas Obor Dasa Dharma, Pembawa Bendera Merah Putih, Pemimpin Lagu (Dirijen), Pembaca Renungan, dan Pembaca Doa.

Pelaksanaan Upacara Renungan dan Ulang Janji

Upacara Renungan dan Ulang Janji dalam rangka Hari Pramuka dilaksanakan pada malam tanggal 13 Agustus atau malam menjelang Hari Pramuka, tanggal 14 Agustus. Formasi barisan berbentuk lingkaran dengan pusat lingkaran Obor atau Pelita Abadi. Upacara dilaksanakan dengan khidmat dan tenang dalam suasana yang hening.

Contoh masing-masing perangkat yang digunakan dalam Upacara Renungan dan Ulang Janji dalam rangka Hari Pramuka adalah sebagai berikut, Klik masing-masing judul untuk membukanya:
Saat diklik mungkin akan terbuka halaman adf.ly, tunggu sejenak hingga muncul tulisan SKIP AD atau LEWATI, klik tulisan tersebut.

Contoh-contoh tersebut dapat disesuaikan atau dimodifikasi dengan tetap memperhatikan tata cara dan ketentuan upacara yang berlaku dalam Gerakan Pramuka.
Bagikan :

Category : , , ,

About PramukaRia.blogspot.com :
PramukaRia.blogspot.com adalah situs pramuka, Gerakan Pramuka, dan kepramukaan. Mencoba menjadi media komunikasi dan pembelajaran kepramukaan antar sesama pramuka di Indonesia!

0 comments