Tuesday, August 27, 2013

Lagu Himne Pramuka (Video Paduan Suara)

Lagu Himne Pramuka versi video paduan suara merupakan video lagu Satya Darma Pramuka yang dinyanyikan secara paduan suara. Video ini dapat menjadi panduan bagi para pramuka untuk belajar menyanyikan lagu Hymne Pramuka atau Lagu Satya Darma Pramuka secara baik dan benar.

Lagu Himne Pramuka sendiri merupakan sebuah lagu ciptaan Husein Mutahar. Penetapan lagu Satya Darma Pramuka sebagai Himne Pramuka termuat dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 51 tentang Himne dan Mars ayat (1) yang berbunyi: Himne Gerakan Pramuka adalah lagu Satya Darma Pramuka yang diciptakan  oleh Husein Mutahar. Pun termuat dalam Anggraran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka pasal 123.

Dalam lagu ini juga terdapat kalimat yang kemudian ditetapkan menjadi motto Gerakan Pramuka. Kalimat tersebut adalah "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan".

Husein Mutahar atau kerap dikenal sebagai H. Mutahar adalah seorang komponis musik Indonesia terutama dalam hal lagu kebangsaan, lagu anak-anak dan lagu pramuka, sekaligus seorang tokoh kepanduan dan aktif di gerakan kepanduan Pandu Rakyat Indonesia. Selain menciptakan lagu Hymne Pramuka, tokoh kelahiran Semarang 5 Agustus 1916 yang meninggal pada 9 Juni 2004 ini juga mengarang beberapa lagu lain semisal lagu Sykur, mars Hari Merdeka, Dirgahayu Indonesia, Saat Berpisah, Tepuk Tangan Silang-silang, dan lainnya. Beliau dikenal juga sebagai penyusun tata cara pengibaran Bendera Pusaka.

H Mutahar Lirik Lagu Himne Pramuka
H. Mutahar dan lirik lagu Himne Pramuka

Video Lagu Himne Pramuka Versi Paduan Suara

Video lagu Himne Pramuka atau Satya Darma Pramuka versi paduan suara dapat ditonton langsung dengan mengklik tombol play (panah atau segitiga putih) di tengah-tengah video berikut:


Lirik Lagu Satyadarma Pramuka

Adapun lirik lagu Satyadarma Pramuka atau Hymne Pramuka adalah sebagai berikut:

Satya Darma Pramuka

Kami Pramuka Indonesia,
Manusia Pancasila
Satyaku kudarmakan,
Darmaku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia tanah airku,
Kami jadi pandumu
Dan berikut lirik lagu Himne Pramuka lengkap dengan notasi not balok:

Lirik lagu Satya Darma Pramuka
Lirik lagu Satya Darma Pramuka (klik untuk memperbesar gambar)

Nah itulah video dan lirik lagu Satya Darma Pramuka atau Himne Pramuka. Dan apabila ingin mendownload versi MP3, silakan kunjungi halaman Kumpulan Lagu Pramuka.

Add Comments


EmoticonEmoticon