Saturday, August 19, 2017

Logo JOTA - JOTI Internasional 2017

Logo resmi JOTA - JOTI Internasional Tahun 2017 ini merupakan hasil kompetisi pembuatan logo yang diselenggarakan oleh WOSM (World Scout Bureau). Pemenang kompetisi tersebut memang dipilih sebagai logo resmi 60th Jamboree On The Air - 21th Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI 2017).

Logo ini akan dipergunakan dalam pertemuan pramuka (kegiatan) 60th Jamboree On The Air - 21th Jamboree On The Internet atau JOTA Internasional ke-60 dan JOTI Internasional ke-21 Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 - 22 Oktober 2017. Di Indonesia, JOTA-JOTI Internasional ini termasuk kegiatan rutin tahunan  diselenggarakan bagi seluruh anggota Pramuka di seluruh Indonesia.

Sebagai pemenang, merupakan logo buatan Carlos de Sá dari Brasil. Logo JOTA-JOTI 2017 tersebut adalah sebagai berikut.

Logo JOTA-JOTI 2017

Logo tersebut melambangkan jabat tangan Pramuka dari seluruh dunia (bumi). Jabat tangan ini mewakili persaudaraan dan persahabatan di antara sesama Pramuka di seluruh dunia. Setiap jabat tangan ditampilkan sebagai pita warna yang mewakili berbagai jenis budaya dan kelompok etnis. Tangan di atas dan di bawah menopang dunia serta tangan kiri berwarna ungu mencari seseorang untuk menjadi teman baru.

JOTA dan JOTI merupakan kegiatan tahunan yang digelar sebagai ajang pertemuan bagi para pramuka di seluruh dunia. JOTA - JOTI Internasional diselenggarakan oleh WOSM (World Scout Bureau). Selain diikuti oleh pramuka dari berbagai negara, pramuka dari berbagai golongan, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, hingga pramuka dewasa sekalipun.

Jamboree On The Air atau JOTA digelar dengan memanfaatkan sarana radio amatir. Sedangkan Jamboree On The Internet atau JOTI dilakukan dengan memanfaatkan sarana berbagai media chatting internet. Sehingga dalam JOTA-JOTI tersebut para pramuka dapat bertemu, berbincang, dan bertukar pengalaman dengan pramuka dari berbagai daerah dan negara lain dengan menggunakan sarana-sarana tersebut.

Bagi para pramuka yang sebelumnya belum pernah mengikuti JOTA-JOTI dan tahun 2017 ini terlibat dalam serunya ber-JOTA-JOTI, simak cara mengikuti kegiatan ini dengan membaca artikel Pramukaria sebelumnya,  Cara Berpartisipasi dalam Jota-Joti.

Atau bagi yang ingin mengikuti secara mandiri, bisa baca-baca artikel berikut ini.

Baca juga artikel lainnya:

1 comments so far

Kak. Bisa share sk kwarnas 045 th 2011


EmoticonEmoticon