Sunday, August 6, 2017

Gapura Tenda 15 dan 20 Tongkat Bentuk Segilima

Gapura tenda dengan 15 tongkat dan 20 tongkat ini sederhana tapi cukup unik. Sederhana karena keseluruhannya menggunakan tongkat pramuka yang berukuran 160 cm. Unik karena gapura tenda perkemahan pramuka ini sekilas membentuk segilima. Keunikan lainnya, gapura kemah ini dapat didirikan tanda harus menanam kaki tenda sehingga dapat sebagai pionering sederhana.

Jumlah tongkat yang dibutuhkan untuk mendirikan gapura perkemahan ini 15 batang tongkat pramuka. Namun juga dapat dimodifikasi sehingga menjadi 20 tongkat pramuka. Dengan kreatifitas masing-masing jumlah tongkat yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain gapura tenda dengan 15 tongkat ini Pramukaria dapatkan dari akun youtube Sendiko Organizer. Oleh Admin Pramukaria kemudian digambar ulang untuk ilustrasi artikel ini. Termasuk kemudian dimodifikasi dengan menggunakan 20 tongkat pramuka.

1. Gapura Tenda dengan 15 Tongkat Pramuka


Penampakan gambar gapura tenda dengan 15 tongkat pramuka yang membentuk segilima ini adalah sebagai berikut.

Gapura Tenda dengan 15 Tongkat Pramuka

Untuk membuat bagian kaki gapura, sambung dua tongkat dengan menggunakan ikatan canggah. Satu kaki terdiri atas dua tongkat bersambung. Yang harus diperhatikan saat menyambung tongkat, bagian kaki yang sebelah luar harus dibuat lebih pendek dengan cara memperpanjang bagian yang diikat dengan ikatan canggah. Ikat ujung atas kedua tongkat bersambung tersebut dan bentuk seperti pada gambar.

Dengan cara yang sama buat juga kaki gapura satunya.

Setelah sepasang kaki tenda selesai, sekarang buatlah bagian atap tenda. Bagian ini terdiri atas dua sambungan tongkat yang masing-masing terbuat dari dua tongkat yang disambung dengan ikatan canggah.

Dengan menggunakan dua tongkat pramuka atur dan pasang bagian atap ini sedemikian rupa sehingga menjadi seperti dalam gambar. Gunakan ikatan silang dan ikatan palang untuk menautkan bagian-bagian gapura.

Jangan lupa untuk menambah tongkat kelima belas sebagai tiang bendera tepat di tengah-tengah atap gapura.

Untuk memperkuat gapura, pasang sepasang tali dari tiang bendera di tengah-tengah gapura dan ikatkan ke kedua bagian kaki gapura sebelah atas.

Untuk mendirikan tenda, pasang sepasang tali pada masing-masing ujung atas kaki gapura dan pasang ke pasak yang ditanamkan ke tanah.

Agar gapura terlihat lebih indah bisa ditambahkan beberapa aksesoris lainnya. Termasuk dengan menambah tali dari atas bagian kaki gapura dan menariknya ke bawah bagian depan kaki gapura. Dengan menambahkan jalinan tali antara tali tadi dan kedua tongkat kaki gapura, kaki gapura bisa membentuk tiang segitiga. Sehingga gapura terkesan lebih gagah.

2. Gapura Tenda dengan 20 Tongkat Pramuka


Gapura tenda kemah pramuka dengan 20 tongkat pramuka merupakan pengembangan dari gapura 15 tongkat di atas. Penampakan seperti gambar berikut ini.

Gapura Tenda dengan 20 Tongkat Pramuka

Empat tongkat ditambahkan untuk membuat sayap, sebanyak dua tongkat di masing-masing kaki gapura. Sayap ini selain memperindah juga dapat memperkuat gapura. Sedangkan satu tongkat lagi ditambahkan untuk memperpanjang tiang bendera yang ada di bagian atas gapura.

Di bagian sayap gapura tenda dapat ditambahkan aksesoris berupa nama regu ataupun tali yang dijalin layaknya membuat dragbar pramuka.


3. Model Gapura Pramuka Lainnya


Selain kedua model gapura tenda sebagaimana di atas, sebelumnya Blog Pramukaria juga telah memposting beberapa model gapura untuk perkemahan pramuka. Model-model gapura tersebut antara lain adalah:

Itulah model gapura tenda 15 dan 20 tongkat. Pun beberapa model gapura perkemahan lainnya. Semoga gambar model tersebut dapat menginspirasi para pramuka dalam mencipta dan menkreasikan pionering gapura lainnya.


EmoticonEmoticon