Monday, October 10, 2016

JOTA JOTI Nasional dan Internasional Tahun 2016

Penyelenggaraan JOTA-JOTI Tahun 2016 ini memang agak berbeda. Biasa Gerakan Pramuka menyelenggarakan JOTA-JOTI dalam dua periode. Pertama JOTA-JOTI Nasional dan Asia Pasifik yang dilaksanakan lebih awal (sekitar bulan Agustus) dan JOTA-JOTI INternasioanl yang diselenggarakan pada bulan Oktober. Tapi untuk tahun 2016, JOTA dan JOTi Nasional diselenggarakan bersamaan dengan JOTA-JOTI Internasional, yaitu tanggal 14-16 Oktober 2016

JOTA atau Jamboree on The Air dan JOTI atau Jamboree on The Internet merupakan salah satu pertemuan pramuka yang bisa diikuti oleh semua golongan anggota pramuka. Dalam kegiatan tersebut, para pramuka dapat saling menyapa, berkomunikasi, dan berdiskusi tentang berbagai topik dengan menggunakan media radio amatir (JOTA) dan berbagai sarana chating internet (JOTI). Sehingga meskipun saling berjauhan lokasi, namun para peserta dapat saling berdiskusi.

Tanggal 14-16 Oktober 2016 ini merupakan pelaksanaan 59th Jamboree On The Air (JOTA Internasional ke-59) dan 20th Jamboree On The Internet (JOTI Internasional ke-20). Dan sesuai dengan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 1067-00-N tertanggal 4 Oktober 2016, di Indonesia sekaligus diselenggarakan kegiatan Jamboree On The Air Nasional ke-79 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-37 Tahun 2016.

Dalam JOTA-JOTI Internasional 2016, para pramuka Indonesia berkesempatan untuk menyapa dan saling berdiskusi dengan pramuka dari berbagai negara lain di seluruh dunia. Sehingga dapat menambah sahabat dari seluruh penjuru dunia.

Jota Joti 2016

Kegiatan JOTA-JOTI Nasional 2016 ini sendiri akan resmi dibuka pada hari Jumat, tanggal 14 Oktober 2016 tepat pukul 15.00 WIB dan berakhir pada Minggu, 16 Oktober 2016 pukul 14.00.

Cara Mengikuti JOTA-JOTI


Pramukaria telah berulang kali mengulas tentang bagaimana cara mengikuti JOTA dan JOTI tiap tahunnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada anggota pramuka yang belum mengetahui. Karenanya akan sedikit diulang kembali.

Untuk dapat mengikuti JOTA-JOTI Tahun 2016 ada dua cara, yaitu bergabung dengan Stasiun JOTA-JOTI terdekat atau melakukan JOTA-JOTI mandiri.

Baca juga: Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI

1. Bergabung di Stasiun JOTA-JOTI


Cara yang paling seru untuk mengikuti JOTA dan JOTI adalah bergabung di Stasiun JOTA-JOTI. Stasiun JOTA-JOTI adalah sebuah tempat yang dipersiapkan untuk melakukan JOTA-JOTI bersama-sama. Stasiun-stasiun ini bisa dijumpai di Sanggar DKC (Kwartir Cabang), Gudep, dan tempat-tempat lain.

Di stasiun ini selain dapat mengikuti JOTA-JOTI, peserta akan bertemu langsung dengan anggota pramuka lainnya (sesama peserta) sekaligus mendapat bimbingan dan arahan langsung dari tim teknis di stasiun tersebut. Sehingga jika menemua kendala, akan mendapatkan bantuan langsung. Pun, sering kali penyelenggara stasiun akan mengadakan kegiatan-kegiatan off-air yang seru semisal game dan diskusi.

Selain itu, stasiun JOTA-JOTI tersebut biasanya akan menyediakan TISKA (Tanda Ikut Serta Kegiatan) JOTA-JOTI yang akan dibagikan ke semua peserta.

Untuk mengetahui lokasi stasiun JOTA-JOTI yang didirikan di kotamu, silakan hubungi Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang di kabupaten/kota setempat.

2. JOTA-JOTI Mandiri


Namun jika tidak sempat mendatangi stasiun JOTA-JOTI terdekat, para pramuka tetap dapat mengikuti kegiatan ini secara mandiri di rumah masing-masing.

Untuk mengikuti kegiatan ini secara mandiri bisa memanfaatkan berbagai saluran yang tersedia seperti menggunakan ScoutLink (IRC yang direkomendasikan) melalui alamat https://webchat.scoutlink.net/. Melalui Mibbit di halaman ini: JOTI Indonesia via Mibbit atau juga dengan menggunakan software TeamSpeak.

Tampilan Joti webchat scoutlink

Akhirnya selamat ber-JOTA-JOTI 2016

1 comments so far

salam kak.. mau bertanya. bagaimana cara mendapatkan Tanda ikut Serta Kegiatan jika mengikuti JOTA-JOTI mandiri kak ?


EmoticonEmoticon