Wednesday, January 7, 2015

Lambang Saka Dirgantara dan Arti Kiasannya

Pramukaria. Lambang Saka Dirgantara dan arti kiasan lambangnya. Satuan Karya Pramuka Dirgantara, atau dikenal sebagai Saka Dirgantara, memiliki lambang berbentuk segi lima beraturan dengan masing-masing sisi yang berukuran sama. Lambang Saka Dirgantara yang didominasi warna jingga dengan gambar pesawat dan roket yang sedang terbang tersebut memiliki makna dan arti kiasan. Di samping itu, tentunya ukuran, bentuk, bahan, dan arti yang terkandung dalam lambang tersebut telah diatur dalam peraturan khusus.

Lambang Saka Dirgantara dengan berbagai ketentuan terkait bentuk, bahan, ukuran, dan arti kiasan yang terkandung di dalamnya diatur melalui Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.151 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaran Satuan Karya Pramuka Dirgantara. Pengaturannya secara mendetail dapat disimak dalam Bab IX (LAMBANG, BENDERA, TANDA JABATAN, PAPAN NAMA, DAN STEMPEL) Pasal 1.

Satuan Karya Pramuka Dirgantara sendiri merupakan salah satu diantara 11 Saka Tingkat Nasional yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Menilik namanya, dirgantara, Satuan Karya Pramuka ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan kepada para anggotanya, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kedirgantaraan sendiri mengandung arti sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan ruang udara yang terbentang luas di atas permukaan bumi hingga batas yang tak terhingga.

Lambang Saka Dirgantara
Lambang Saka Dirgantara di lengan baju pramuka


Bentuk, Gambar, dan Warna Lambang Saka Dirgantara


Lambang Satuan Karya Pramuka Dirgantara diatur dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.151 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaran Satuan Karya Pramuka Dirgantara, Bab IX Pasal 1. Dalam Bab IX yang berjudul Lambang, Bendera, Tanda Jabatan, Papan Nama, dan Stempel tersebut disebutkan bahwa :

  1. Lambang Saka Dirgantara berbentuk segi lima beraturan. Masing-masing sisi memiliki panjang 5 cm. 
  2. Di dalam lambang terdapat gambar pesawat terbang dan roket, sepasang tunas kelapa, bintang, dan tulisan SAKA DIRGANTARA.
  3. Warna pada gambar dan lambang meliputi :
    1. Warna dasar lambang : Jingga
    2. Gambar pesawat berwarna putih, kuning, dan abu-abu dengan warna dasar hitam yang membentuk sudut lancip ke arah kanan.
    3. Gambar sepasang tunas kelapa berwarna hitam di atas kotak berwarna putih dengan setiap sudutnya yang melengkung. Di atas tunas kelapa terdapat gambar bintang bersudut lima berwarna hitam.
    4. Tulisan Saka Dirgantara berwarna hitam.
    5. Gambar gas pancar roket berwarna merah.
Lambang Saka Dirgantara
Lambang Saka Dirgantara

Arti Kiasan Lambang Saka Dirgantara


  1. Masing-masing gambar dalam lambang Saka Dirgantara memiliki arti kiasan :
    1. Bentuk segi lima mengandung arti falsafah Pancasila.
    2. Warna jingga mengandung arti kemauan mewujudkan cipta dan karsa.
    3. Warna putih mengandung arti penerapan teknologi maju.
    4. Warna hitam mengandung arti wawasan antariksa.
    5. Lambang Tunas Kelapa mengandung arti keberadaan setiap anggota Gerakan Pramuka dalam ikut serta melaksanakan pembangunan kedirgantaraan.
  2. Masing-masing gambar dalam lambang Saka Dirgantara memiliki arti kiasan :
    1. Warna jingga melambangkan kecintaan.
    2. Warna putih melambangkan kesucian.
    3. Warna kuning melambangkan ceria.
    4. Warna abu-abu melambangkan keanggunan.
    5. Warna hitam melambangkan kedewasaan.
    6. Warna merah melambangkan keberanian berkarya.
  3. Secara keseluruhan lambang Saka Dirgantara mengandung arti dengan rasa kedewasaan berarti tulus dan suci anggota Saka Dirgantara mengabdikan diri dengan setia, selalu siap menolong, berani berkarya dengan riang gembira untuk mengembangkan minat dan potensi Dirgantara menjadi kekuatan Nasional sebagai pengamalan Pancasila.

Penggunaan dan Pemakaian Lambang Saka Dirgantara


Lambang Satuan Karya Pramuka Dirgantara dipergunakan, antara lain sebagai tanda pengenal satuan yang dikenakan di pakaian seragam pramuka anggota Saka Dirgantara. Lambang Saka Dirgantara ini terbuat dari bahan kain. Pada Pakaian seragam pramuka dikenakan di lengan baju sebelah kiri, kira-kira 3 cm di bawah jahitan pundak baju.

Lambang juga digunakan dalam bendera Saka Dirgantara. Bendera berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran empat berbanding tiga dan berwarna dasar biru. Di bawah lambang terdapat tulisan SAKA DIRGANTARA berwarna hitam dengan huruf kapital.

1 comments so far

saya dulu anggota saka dirgantara...


EmoticonEmoticon