Wednesday, August 6, 2014

Gapura Tenda Pionering dengan Aksesoris Jalinan Tali

Gapura tanda pionering dengan aksesoris jalinan tali ini merupakan desain gapura untuk tenda perkemahan pramuka dengan memanfaatkan prinsip pionering. Di samping itu, gapura juga ditambah dengan aksesoris berupa persinggungan garis lurus yang membentuk kontur melengkung. Karena merupakan gapura pionering sederhana maka gapura ini hanya menggunakan sedikit bahan berupa bambu.

Layaknya dalam berbagai pionering lainnya, untuk menautkan masing-masing bambu tersebut digunakan tali temali. Setiap perpalangan kayu diikat dengan ikatan palang. Cara membuat ikatan palang bisa dipelajari di artikel jenis-jenis ikatan dan tali temali.

Baca juga : Pionering Gapura dengan 23 Tongkat

Adapun penampilan gapura untuk perkemahan pramuka tersebut adalah sebagai berikut :

Penampilan desain gapura. Klik gambar untuk memperbesar

Dalam desain gapura pionering ini dibutuhkan bahan-bahan yang terdiri atas :

  1. Bambu, yang terdiri atas :
    1. 4 batang bambu berukuran panjang 2,5 meter, 
    2. 1 batang bambu berukuran 1,6 meter, dan 
    3. 6 batang bambu berukuran 0,75 meter.
  2. Tali pramuka secukupnya
  3. Rafia berwarna putih secukupnya (bisa juga menggunakan tali pramuka)

Cara Membuat Gapura Pionering

Untuk membuat atau merangkai gapura, pertama tentunya dengan merangkai badan gapura (seperti pada gambar) terlebih dahulu dengan menggunakan tali temali. Karena semua bambu berpalangan, maka hanya cukup menggunakan ikatan palang saja. Meskipun dalam membuat ikatan palang kita pun harus memulai dan mengakhirinya dengan simpul pangkal.

Tiang gapura dan kedua palang atas gapura menggunakan 4 batang bambu berukuran 2,5 meter. Tongkat berdiri di tengah palang gapura menggunakan bambu berukuran 1,6 meter atau tongkat pramuka. Sedangkan kaki gapura (di bagian bawah kanan dan kiri) menggunakan bambu berukuran 0,75 meter. Ukuran-ukuran tersebut tentu dapat dirubah sesuai selera dan kondisi.

Setelah badan gapura, gunakan rafia warna putih atau tali pramuka untuk membuat pola jalinan tali yang mengkesankan garis lengkung. Pola ini bisa dipasang pada bagian atas maupun samping gapura, pada dua batang bambu yang berpalangan. Pola seperti gambar berikut ini: 


Setelah semua selesai, bentuk gapura pionering dengan aksesoris jalinan tali akan menjadi seperti ini :


Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

1 comment


EmoticonEmoticon