Tuesday, August 5, 2014

Contoh Program Kerja Gudep Pramuka Penggalang

Program Kerja Gugusdepan Pramuka Penggalang menjadi sebuah administrasi yang selayaknya disusun oleh gudep setiap tahunnya. Program kerja tersebut menjadi perencanaan sekaligus acuan dan pedoman pelaksanaan kegiatan kepramukaan selama satu tahu di gugusdepan tersebut. Tentunya program kerja gugusdepan pramuka, setelah disusun oleh Pembina Gugusdepan harus mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah (bagi gudep yang berpangkalan di lembaga pendidikan).

Sebagaimana kita ketahui gugusdepan Gerakan Pramuka, berdasarkan kelengkapan terdiri atas dua yaitu gudep lengkap dan gudep tidak lengkap. Gudep lengkap memiliki anggota dari semua golongan mulai siaga hingga pandega, sedangkan gudep tidak lengkap hanya memiliki anggota dari satu atau dua golongan saja. Biasanya gudep seperti ini terdapat di lembaga-lembaga pendidikan. Seperti halnya pada gugusdepan yang berpangkalan di SMP atau MTs di mana anggotanya hanya terdiri atas pramuka penggalang saja.

Pada gudep yang berpangkalan di SMP dan MTs, penyusunan program kerja bisa dikatakan lebih sederhana karena hanya memuat program untuk pramuka penggalang saja. Meskipun sederhana tidak sedikit pembina gudep yang masih kesulitan dalam membuat rencana dan program kerja gugusdepan. Padahal jika tanpa melakukan penyusunan program kerja yang baik, tentunya kegiatan dan pendidikan kepramukaan yang dilakukan akan kurang terarah dan tidak memiliki target atau tujuan yang jelas.

Penyusunan Program Kerja Gudep
Penyusunan Program Kerja Gudep


Contoh Program Kerja Gugusdepan Pramuka Penggalang


Blog Pramukaria mencoba memberikan contoh program kerja Gugusdepan Gerakan Pramuka khusus untuk pangkalan dengan anggota pramuka penggalang. Mungkin contoh tersebut belum sempurna dan perlu pembenahan di sana sini. Tidak lupa harus memperhatikan kondisi peserta didik, masyarakat, daerah di pangkalang penggalang berada. Contoh tersebut ditulis dalam format microsoft word untuk memudahkan editing.

Untuk mendownload contoh Program Kerja Gugusdepan Pramuka Penggalang silakan klik DI SINI

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


2 comments

Salam Pramuka ...! Terima kasih kak..!

Terima kasih, Kak. salam Pramuka.


EmoticonEmoticon