Karang Pamitran Nasional Tahun 2013

Alam Endah | 6:54 AM | 0 comments

Karang Pamitran Nasional Tahun 2013 akan segera diselenggarakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Kegiatan Karang Pamitran ini akan berlangsung pada tanggal 9-14 September 2013 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Karang Pamitran adalah pertemuan bagi pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya. Karang pamitran menjadi wadah silaturahmi bagi pembina pramuka untuk saling bertukar pengalaman, menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam membina pramuka. Berbeda dengan Kursus Pembina Pramuka (KMD dan KML), Karang Pamitran bukan merupakan jenjang kursus sehingga menjadi salah satu pendidikan informal bagi pramuka dewasa.

Pada tahun 2013 ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan kembali melaksanakan Karang Pamitran Tingkat Nasional. Kegiatan pramuka tingkat nasional yang akan diikuti oleh pembina mahir utusan dari kwartir cabang seluruh Indonesia ini mengambil tema "Pembina Pramuka Berkualitas untuk Kader Pemimpin Masa Depan". 

Masing-masing kwartir cabang akan mengirimkan 7 orang pembina mahir (lulus KML) yang terdiri atas pembina siaga putri, pembina siaga putra, pembina penggalang putri, pembina penggalang putra, pembina penegak/pandega putri, pembina penegak/pandega putra, serta kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang masing-masing satu orang. Pun dua orang utusan dari kwartir daerah (Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah dan Andalan Binawasa), 10 Pembina Pramuka Luar Biasa utusan kwartir daerah, serta enam pembina dari setiap Gugusdepan KBRI.

karang pamitran pembina pramuka
Pembina pramuka mengikuti kegiatan outdoor dalam karang pamitran

Kegiatan dalam Karang Pamitran 2013

Kegiatan-kegiatan dalam Karang Pamitran Tahun 2013 diarahkan untuk peningkatan kualitas pembina pramuka mahir dalam membina satuan melalui berbagi pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. Jenis kegiatan yang akan diselenggarakan meliputi kegiatan umum (ibadah, upacara, dan olahraga), kegiatan inti (latihan dalam golongan, outdoor activities, seni budaya), kegiatan pelengkap (sertifikat tenaga pendidik, sosialisasi UU Gerakan Pramuka, akreditasi satuan pendidikan), serta kegiatan wawasan (perlindungan anak, narkoba, lingkungan hidup, anti korupsi).

Jenis kegiatan dalam Karang pamitran tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan, gelang ajar, lokakarya, dan ceramah umum yang berlangsung antara tanggal 9-14 September 2013 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Petunjuk Penyelenggaraan Karang Pamitran 2013

Untuk mensukseskan kegiatan Karang Pamitran Tingkat Nasional yang menjadi pertemuan terakbar bagi para pembina pramuka seluruh Indonesia ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 054 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Karang Pamitran Tingkat Nasional Tahun 2013.

Bagi kakak-kakak pembina yang ingin mengaji lebih lanjut mengenai pelaksanaan Karang Pamitran nasional ini silakan baca dan download Juklak Karang Pamitran Nasional 2013 DI SINI.

Dan apabila ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Karang Pamitran, baca dan download Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 056 Tahun 1982 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Karang Pamitran di halaman Download SK dan PP Pramuka.
Bagikan :

Category : , , ,

About PramukaRia.blogspot.com :
PramukaRia.blogspot.com adalah situs pramuka, Gerakan Pramuka, dan kepramukaan. Mencoba menjadi media komunikasi dan pembelajaran kepramukaan antar sesama pramuka di Indonesia!

0 comments