Daftar Jambore Nasional Pramuka dan Logo

Alam Endah | 5:30 PM | 1 comments

Daftar Jambore Nasional Pramuka dan Logo merupakan pengetahuan kepramukaan mengenai daftar penyelenggaraan Jambore Nasional (Jamnas) dari yang pertama hingga yang terakhir dengan dilengkapi logo atau lambang Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

Jambore merupakan salah satu pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Jambore merupakan kegiatan yang bersifat rekreatif, edukatif, riang gembira, dan mengedepankan persaudaraan dengan berbagai kegiatan menarik, kreatif, serta bakti masyarakat. Berdasarkan tingkat, pelaksanaan, dan pesertanya, Jambore dibedakan menjadi Jambore Nasional (Jamnas), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Cabang (Jamcab), dan Jambore Ranting (Jamran).

Jambore Nasional sendiri merupakan jambore yang di tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan peserta para pramuka penggalang dari seluruh Indonesia dan beberapa negara lain yang diundang.

Daftar Penyelenggaraan Jambore Nasional

Jambore Nasional Pramuka Penggalang telah diselenggarakan sebanyak sembilan kali (hingga saat ini). Jamnas yang pertama dilaksanakan pada tahun 1973 di Situ Baru, Jakarta. Sedangkan Jambore Nasional yang terakhir (kesembilan) dilaksanakan tahun 2011 silam di Sumatera Selatan.

Daftar selengkapnya penyelenggaraan Jambore Nasional Pramuka Penggalang dari tahun ke tahun adalah sebagaimana daftar di bawah. Daftar Jambore Nasional ini selain dilengkapi dengan tempat dan tanggal pelaksanaannya juga dilengkapi dengan logo dari masing-masing Jambore Nasional.



1 JAMBORE NASIONAL I
Tempat : Situ Baru, Jakarta
(Sekarang menjadi Bumi Perkemahan Cibubur)
Waktu : 1973
Logo Jamnas :




2 JAMBORE NASIONAL II
Tempat : Sibolangit, Sumatera Utara
Waktu : 1 - 20 Juli 1977
Logo Jamnas :



3 JAMBORE NASIONAL III
Tempat : Cibubur, Jakarta
Waktu : 18 - 25 Juni 1981
Keterangan : Penyelenggaraannya bersama dengan Jambore Asia Pasifik ke 6
Logo Jamnas :



4 JAMBORE NASIONAL IV
Tempat : Cibubur, Jakarta
Waktu : 21- 28 Juni 1986
Logo Jamnas :



5 JAMBORE NASIONAL V
Tempat : Cibubur, Jakarta
Waktu : 15 - 22 Juni 1991
Logo Jamnas :



6 JAMBORE NASIONAL VI
Tempat : Cibubur, Jakarta
Waktu : 26 Juni - 4 Juli 1996
Logo Jamnas :



7 JAMBORE NASIONAL VII
Tempat : Baturaden, Jawa Tengah
Waktu : 3 - 12 Juli 2001
Logo Jamnas :



8 JAMBORE NASIONAL VIII
Tempat : Jatinangor, Jawa Barat
Waktu : 26 Juni - 4 Juli 2006
Logo Jamnas :



9 JAMBORE NASIONAL IX
Tempat : Teluk Gelam, Kab. OKI, Sumatera Selatan
Waktu : 2 - 9 Juli 2011
Logo Jamnas :


Itulah daftar kesembilan Jambore Nasional Gerakan Pramuka yang telah diselenggarakan di Indonesia. Semoga pengetahuan kepramukaan ini dapat menambah wawasan para pramuka.
Bagikan :

Category : , ,

About PramukaRia.blogspot.com :
PramukaRia.blogspot.com adalah situs pramuka, Gerakan Pramuka, dan kepramukaan. Mencoba menjadi media komunikasi dan pembelajaran kepramukaan antar sesama pramuka di Indonesia!

1 comment :