Tuesday, June 4, 2013

Mengenal Bronze Wolf Award

Ada yang mengenal Bronze Wolf Award?. Bronze Wolf Award (jika diterjemahkan kira-kira berarti Penghargaan Serigala Perunggu) adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh World Organization of the Scout Movement (WOSM; Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia) melalui World Scout Committee atau Komite Pramuka Dunia kepada orang atau individu yang dinilai memberikan andil dan jasa yang luar biasa kepada Gerakan Pramuka Dunia. Orang yang mendapatkan penghargaan Bronze Wolf Award ini untuk pertama kalinya adalah Bapak Pramuka Sedunia, Robert Baden Powell pada tahun 1935.

Sejarah Bronze Wolf Award diawali oleh praktek Robert Baden Powell yang memberikan penghargaan Silver Wolf kepada orang-orang dari negara manapun yang dinilai berjasa pada Gerakan Pramuka. Silver Wolf telah menjadi penghargaan bergensi tersendiri, namun meskipun diberikan oleh Ketua Pramuka Dunia (Robert Baden Powell), pemberian penghargaan ini tidak bisa dilepaskan dari Organisasi Kepramukaan Inggris.

Oleh karena itu pada tahun 1924 Komite Internasional (sekarang World Scout Committee), mengusulkan agar Robert Baden Powell memberikan penghargaan khusus yang diberikan atas nama WOSM (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia). Perlu pertimbangan yang panjang bagi Robert Baden Powell di mana dalam satu sisi pemberian penghargaan dari WOSM tersebut memang sangat diperlukan namun di sisi yang lain beliau menghindari banyaknya penghargaan yang justru akan melemahkan nilai penghargaan itu sendiri. Hingga pada 1934, bersama Komite Internasional diputuskan untuk menciptakan penghargaan baru dengan nama Bronze Wolf.

Hingga pada tahun 1935, Komite Internasional dengan suara bulat memutuskan untuk memberikan penghargaan Bronze Wolf yang pertama kalinya kepada Robert Baden Powell. Pada tahun 1937 Bronze Wolf Award kembali dianugerahkan kepada tiga orang yaitu Walter von Bonstetten (Ketua Pramuka Swiss), Hubert S. Martin (Direktur Pertama International Bureau; sekarang World Scout Bureau), dan John Skinner Wilson (Ketua International Bureau; sekarang World Scout Bureau). Hingga saat ini penghargaan Bronze Wolf telah diangerahkan ke 300-an orang.

Medali dan Lencana Bronze Wolf Award

Medali Bronze Wolf Award berupa pita berwarna hijau tua dengan garis tepi berwarna kuning. Pada bagian bawahnya digantungi liontin berbentuk serigala. Gambar medalinya sebagai berikut:

Bronze-Wolf-Award

Pramuka Indonesia Peraih Bronze Wolf Award

Pramuka Indonesia pun ternyata ada yang telah mendapatkan penghargaan tertinggi kepramukaan dunia ini. Empat orang Indonesia yang telah dianugerahi Bronze Wolf Award adalah:

  1. Hamengku Buwono IX (tahun penganugerahan: 1972)
  2. Abdul Aziz Saleh (1978)
  3. John Beng Kiat Liem (1982)
  4. Letjen TNI (Purn) H Mashudi (1985)

Meskipun penerima penghargaan telah mencapai lebih dari 300 orang ternyata baru empat pramuka Indonesia yang menerimannya. Semoga ke depannya akan bertambah, syukur kalau salah satu di antara pembaca Blog Pramuka ini.

1 comments so far


EmoticonEmoticon