Friday, June 28, 2013

Lagu Yel Pramuka Naik Munggah

Lagu Yel Pramuka Naik Munggah ini merupakan salah satu yel pramuka yang simpel dengan mengadopsi lagu anak-anak yang terkenal, Naik-naik ke Puncak Gunung. Lirik yel ini pun nyaris sama hanya saja ditambahkan beberapa kata dalam bahasa jawa yang merubakan terjemahan dari kata-kata dalam lagu ini.


Kombinasi antara bahasa Indonesia (lirik sebenarnya) dan bahasa jawa (lirik tambahan) sudah terlihat dariu judul lagu yel pramuka, Naik Munggah. Munggah merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti sama dengan 'naik'. Kombinasi bahasa seperti ini akan banyak terjadi dalam lirik lagu ini.

Untuk jelasnya, sila tonton video lagu yel pramuka berikut yang sebelumnya sudah Kakak unggah ke situs berbagi video, Youtube.




Lirik Yel Pramuka Naik Munggah

Lirik lagu yel pramuka Naik Munggah sebenarnya sudah tertera jelas dalam video lagu di atas. Dan dengan satu dua kali lihat saja sudah cukup hafal. Namun tidak ada salahnya jika lirik yel tersebut Kakak sertakan dalam postingan ini sekalian.

Yel Naik Munggah

Naik munggah
Ke puncak gunung
Tinggi duwur sekali banget
(dua kali)

Kiri kiwo
Kanan tengen
Banyak akih
Pohon wit-witan
(dua kali)

Bagaimana lirik lagu yel 'Naik Munggah' ini? cukup simpel namun menarik untuk dinyanyikan juga, kan? Selain itu yel ini juga dapat mengenalkan bahasa daerah kepada peserta didik kita. Dan bagi kakak-kakak pembina dari daerah lain yang menggunakan bahasa daerah lain mungkin bisa memodifikasi lirik yel ini sesuai dengan bahasa daerah masing-masing.

Selamat berkreasi!


EmoticonEmoticon