Wednesday, May 8, 2013

Perkemahan Bakti Saka Tarunabumi Nasional V 2013

Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Tarunabumi Tingkat Nasional V Tahun 2013 atau disingkat Pertikabumi Nasional V Tahun 2013 akan segera dilaksanakan pada tanggal 24 – 30 Juni 2013 di Padang Sumatera Barat. Perkemahan Bakti Saka Tarunabumi (Pertikabumi) Nasional merupakan pertemuan anggota Saka Tarunabumi se-Indonesia dengan kegiatan yang inovatif dan rekreatif serta mengandung unsur bakti masyarakat, keterampilan, serta pengembangan dunia pertanian. Sedangkan Satuan Karya Pramuka Tarunabumi sendiri, sebagai mana kita ketahui, merupakan salah satu Satuan karya Pramuka yang bergerak di bidang penanaman cinta pertanian.

Sesuai dengan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 0430-00-C tanggal 10 April 2013 tentang Pertikabumi Nasional 2013 serta SK Kwartir Nasional Nomor 068 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Tarunabumi Tingkat Nasional V Tahun 2013, kegiatan ini akan dilaksanakan di dua tempat di Padang Sumatera Barat. Kedua tempat tersebut adalah Kampus SMK PP Negeri Padang dan Balai Benih Induk Hortikultura, Lubuk Minturun, Padang. Waktu pelaksanaanya adalah tanggal 24 – 30 Juni 2013.

pertikabumi-v-2013

Kegiatan yang mengambil tema “Bersama Kita Tingkatkan Semangat Tarunabumi untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan” ini akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega utusan masing-masing Kwartir Daerah se-Indonesia. Setiap Kwarda akan mengirimkan 16 peserta yang terdiri 8 pramuka putri dan 8 pramuka putra ditambah dengan 2 Pimpinan Kontingen Daerah dari unsur DKD dan 2 Pembina Pendamping dari Pamong Saka. Peserta tentunya merupakan anggota Satuan Karya Pramuka Tarunabumi.

Kegiatan dalam Pertikabumi Tingkat Nasional V Tahun 2013

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta Pertikabumi Nasional V meliputi kegiatan umum perkemahan seperti kegiatan keagaman, upacara dan apel, olahraga, serta Malam Bhineka Tunggal Ika. Di samping itu juga kegiatan bakti sesuai dengan masing-masing krida yang meliputi:

  1. Bakti Krida Tanaman Pangan:
    • Penyiangan dan Penyemaian Padi
  2. Bakti Krida Hortikultura
    • Pembuatan Lubang dan penanaman tanaman buah
    • Bantuan bibit, polybag, pupuk dan pot pada masyarakat
    • Penggunaan benih/bibit hortikultura bermutu bersertifikat
  3. Bakti Krida Perkebunan
    • Pemberian 3000 bibit Kakao
    • Pemberian 1000 bibit karet
    • Gerakan Penanaman bibit kakao dan karet
    • Teknis budi daya dan pengolahan kakao dan karet
  4. Bakti Krida Peternakan
    • Sanitasi kandang
    • Penanaman hijauan makanan ternak
    • pembuatan kompos pupuk organik
    • Pangan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH)
  5. Bakti Krida Perikanan
    • Pembuatan kolam terpal sederhana
    • Penebaran 3 kuintal ikan lele dan nila
    • Teknik pemijahan ikan lele

Tidak hanya itu, masih terdapat kegiatan lainnya yaitu; Temu Bina Generasi Muda, Temu Usaha, Gelar Teknologi, Gelar Seni Budaya Nusantara/Pentas Seni Kontingen Daerah, Pemutaran Film, Festival Kuliner Nusantara, Cerdas Cermat/Asah Terampil, Lomba Seleksi Benih Padi (Krida Tanaman pangan), Lomba Sambung Bougenvile (Krida Holtikultura), Lomba Sambung Pucuk dan Pemangkasan Kakao (Krida Perkebunan), Lomba Seleksi ternak ayam DOC (Krida Peternakan), Lomba Menangkap Belut (Krida Perikanan). Tidak lupa kegiatan wisata yang direncanakan akan mengunjungi Universitas Andalas, Akademi Teknologi Industri Padang, Universitas Bung Hatta, Pengolahan Dadih, Pengolahan Sari Pala, Pelelangan ikan tradisional Pasir Jambak, Budi daya Buah Naga, Pantai Padang, Taman Melati, Teluk Bayur, Jembatan Siti Nurbaya, serta Kampung Cina Padang Tempo Dulu.

Bagi segenap anggota Saka Tarunabumi mengikuti kegiatan Pertikabumi Tingkat Nasional merupakan sebuah kesempatan emas. So, mumpung masih beberapa saat, bagi yang berminat silakan langsung menghubungi Kwarda masing-masing atau Satuan Karyanya siapa tahu masih terbuka kesempatan untuk mengikuti.

Download Jukran Pertikabumi Nasional V 2013

Petunjuk Penyelenggaraan Pertikabumi Tingkat Nasional V Tahun 2013 dapat didownload di sini.


EmoticonEmoticon