Sunday, December 10, 2017

Video Tutorial Materi Lambang Gerakan Pramuka

Video tutorial materi pramuka tentang lambang Gerakan Pramuka. Bagi anggota pramuka pastilah sudah mafhum bahwa lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa. Maklum, terkait dengan lambang ini, baik sejarahnya maupun arti kiasan yang terkandung di dalamnya menjadi salah satu materi dasar pengetahuan umum kepramukaan yang telah diperkenalkan sejak golongan pramuka siaga. Pun menjadi salah satu persyaratan untuk menuntaskan uji Syarat Kecakapan Umum di beberapa golongan peserta didik pramuka.

Blog Pramukaria kemudian mengangkat ulang materi terkait lambang Gerakan Pramuka ini dalam sebuah video tutorial materi kepramukaan. Terdapat dua video tutorial materi terkait dengan lambang ciptaan Sunardjo Atmodipuro ini. Keduanya dapat dilihat dan di putar di bagian akhir artikel ini.

Sebagaimana diketahui, bahwa lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa. Terkait lambang ini diatur secara jelas dalam AD/ART Gerakan Pramuka. Adalah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48 tentang Lambang yang berbunyi:

Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa yang diciptakan oleh Soenardjo Admodipuro.

Juga Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII Pasal 120 ayat (1)

Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa, yang bermakna bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka hendaknya berguna, seperti kegunaan seluruh bagian pohon kelapa.

Lambang Gerakan Pramuka

Video Tutorial Arti Kiasan Lambang Pramuka


Lambang Gerakan Pramuka, tunas kelapa, memiliki arti kiasan tersendiri. Dalam Anggaran Rumah Tangga Bab VII Pasal 120 hanya disebutkan sebagai: "... bermakna bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka hendaknya berguna, seperti kegunaan seluruh bagian pohon kelapa." Namun dalam peraturan yang lain, makna atau arti tersebut disebutkan secara lebih terperinci.

Adalah dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka yang menjelaskan secara detail makna dan arti kiasan lambang Gerakan Pramuka tersebut.

Nah, terkait dengan arti kiasan yang terkandung dalam lambang Gerakan Pramuka, tunas kelapa, tersebutlah video tutorial ini dibuat. Adapun video tutorial materi kepramukaan tersebut adalah sebagaimana berikut ini.


Video Tutorial Mengenal Lambang Gerakan Pramuka


Selain itu, ada juga video tutorial tentang mengenal lambang Gerakan Pramuka. Agak berbeda dengan video yang pertama, pada video yang kedua ini tidak dilengkapi dengan suara narasi.

Video ini dapat disimak seperti ini.


Itulah kedua video tutorial tentang lambang Gerakan Pramuka. Semoga memberikan manfaat kepada para anggota Gerakan Pramuka dalam memahami lambang Gerakan Pramuka yang dikenakan sehari-hari.


EmoticonEmoticon