Monday, August 1, 2016

Pagar Tenda Perkemahan Pramuka Sederhana

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tenda yang sangat penting. Pagar tenda, selain menjadi pembatas wilayah tenda (kapling) dan menjaga keamanan tenda beserta isinya, juga berfungsi untuk memperindah tenda (fungsi estetika).

Pagar tenda perkemahan juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari gapura tenda pramuka. Di bagian depan tenda, pagar ini menyambung langsung dengan gapura. Dilanjutkan dengan di sebelah kanan, kiri, dan belakang tenda (mengelilingi tenda) sehingga membentuk sebuah zona wilayah.

Ada banyak contoh dan model pagar tenda. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang kompleks.

Kali ini Blog Pramukaria memberikan beberapa contoh model pagar tenda untuk perkemahan pramuka yang sederhana. Pagar ini bisa dibuat dengan menggunakan tongkat bambu dan tali pramuka atau tali lainnya.

Kelebihan pagar model ini adalah bahan-bahannya yang mudah dipersiapkan, mudah dibawa (diangkut), serta mudah dan cepat saat pembuatannya karena bisa dikerjakan langsung di lokasi (bumi perkemahan). Selain itu, pagar ini pun mudah dan cepat saat dibubarkan ketika kegiatan perkemahan berakhir.

Pagar Tenda


Baca juga:



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pagar tenda perkemahan sederhana ini meliputi:

  • Bambu dengan salah satu ujung yang dilancipkan
    Tinggi bambu disesuaikan dengan kebutuhan. Jika karena keterbatasan bahan, bambu dapat di pecah menjadi beberapa bilah yang penting tetap kuat. Sedangkan ujung yang dilancipkan bertujuan agar bambu dapat ditancapkan ke dalam tanah sehingga saat memasang tidak perlu menggali tanah. Jumlah bambu disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Tali
    Tali dapat menggunakan tali pramuka, tali rafia, maupun tali lainnya. Jumlah tali disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Aksesoris lain untuk memperindah pagar

Contoh model pagar tenda perkemahan pramuka atau pagar kapling adalah sebagai mana gambar berikut ini.

model pagar tenda perkemahan

Jarak antara satu bambu dengan bambu lainnya menyesuaikan atau sesuai dengan selera. Masing-masing tali ditautkan pada bambu dengan menggunakan simpul pangkal.

Tali yang dibuat melintang terdiri atas dua buah utas tali. Tali pertama dari bagian atas sedang tali kedua dari bagian bawah. Di bagian tengah-tengah antara kedua tongkat (bambu) tali pertama dan kedua saling ditautkan kemudian tali pertama kembali ke bagian atas sedangkan tali kedua kembali ke bagian bawah.

Model pagar tenda sederhana tersebut, dapat dipasangkan aksesoris dengan menggunakan potongan bambu di titik pertemuan tali pertama dan kedua (di tengah-tengah antara dua tongkat/bambu), seperti gambar berikut ini.

Model pagar tenda sederhana

Tali pertama (dari bagian atas) sedang tali kedua dari bagian bawah. Keduanya sama-sama dimasukkan ke dalam rongga potongan bambu. Tali pertama kemudian kembali ke atas dedangkan tali kedua kembali ke bawah.

Aksesoris potongan batang bambu dapat diganti dengan benda sejenis seperti potongan pipa plastik dan lain-lain.

Model pagar tersebut dapat juga dimodifikasi dengan menggunakan aksesoris berupa papan bergambar seperti berikut ini.

Model pagar pramuka

Papan diberikan lobang ke keempat sudutnya. Lubang ini sebagai tempat memasukkan tali pertama dan tali kedua.

Model, bentuk, bahan, dan gambar pada aksesoris tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi. Seperti dengan menggunakan bahan tripleks dan lembaran plastik (yang tidak mudah robek). Bentuknya pun bisa dibuat segi empat, lingkaran, atau pun seperti contoh ganmar di atas, berbentuk persegi enam.

Itulah salah satu contoh model pagar tenda perkemahan pramuka dalam bentuk yang sederhana. Sebagai seorang pramuka, tentunya kita harus mampu kreatif menciptakan model-model pagar tenda lainnya yang lebih baik, murah, dan mudah dalam pemasangannya.

Add Comments


EmoticonEmoticon