Sunday, May 17, 2015

Kontes Desain Logo Jota Joti 2015

Kontes desain logo Jota-Joti Tahun 2015 kembali digelar. Sebagaimana biasanya, gelaran kegiatan pramuka tingkat dunia ini mengundang desainer pramuka dari seluruh dunia untuk merancang dan mendesain logo Jota-Joti (Jamboree On The Air dan Jamboree On the Internet). Dalam kompetisi desain logo tahun sebelumnya, 2014, logo JOTA-JOTI kreasi Taufik Umar Prayoga, dari Indonesia, yang menjadi pemenangnya. Sedangkan pada kontes desain tahun 2013, para pramuka Indonesia hanya menduduki juara ketiga dan keempat. Bagaimana dengan kontes desain logo Jota-Joti 2015?

Baca juga : Pramuka Indonesia Juara Kontes Logo JOTA JOTI 2014

WOSM (World Scout Bureau) menggelar kontes pembuatan logo 57th Jamboree On The Air dan 18th Jamboree On the Internet (JOTA ke-57 dan JOTI ke-18) Tahun 2015. Pemenang kompetisi ini logonya akan dipergunakan sebagai logo resmi kegiatan dunia Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On the Internet (JOTI) Tahun 2015.

Jota atau Jamboree On The Air adalah pertemuan para pramuka di seluruh dunia dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan Joti (Jamboree On the Internet) adalah pertemuan para pramuka dengan menggunakan sarana internet. Dalam Jota-Joti, pramuka berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan ide-ide bersama. Kegiatan ini memberikan kesempatan besar dan unik pada para pramuka dari semua golongan usia untuk berkomunikasi satu sama lain seolah-olah mereka berada di dekatnya walaupun dalam kenyataannya mereka saling berada di tempat yang berbeda wilayah bahkan negara. Jota-Joti 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2015. Baca : Kapan Jota-Joti 2015 dilaksanakan?


Persyaratan Kontes Desain Logo Jota-Joti 2015


Kontes atau kompetisi mendesain logo Jota-Joti Tahun 2015 ini berlaku bagi seluruh pramuka di seluruh dunia. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, Jota-Joti tidak mengangkat tema khusus, pada pelaksanaannya di tahun 2015 ini, Jota-Joti mengangkat tema "The Earth is Yours". Sehingga pembuatan logo harus mengacu pada tema yang telah ditentukan tersebut.

Persyaratan lainnya adalah :

  1. Logo harus menyertakan :
    1. Singkatan dari nama kegiatan, yakni : "JOTA-JOTI"
    2. Nama resmi kegiatan (dalam bahasa Inggris dan Perancis), yakni : "58th Jamboree On The Air / 58e Jamboree Sur les Ondes 19th Jamboree On The Internet / 19e Jamboree Sur L’Internet"
    3. Tanggal pelaksanaan kegiatan (dalam bahasa Inggris dan Perancis), yakni : "16, 17, 18 October / octobre 2015"
    4. Lambang Pramuka Sedunia (WOSM), dengan dua pilihan : Lambang WOSM berwarna ungu dengan latar belakang putih atau Lambang WOSM berwarna putih dengan latar belakang ungu.
  2. Ukuran logo harus cocok dalam ukuran 6 cm x 6 cm
  3. Format file JPG atau PNG
  4. Ukuran file di bawah 3 MB
  5. Logo tidak boleh mengandung gambar berhak cipta, elemen grafis dari tahun-tahun sebelumnya atau dari clipart.
Cara pengiriman logo :

  1. Buatlah akun di website Scout.org ( klik : www.scout.org/user/register )
  2. Upload logo di : photomissions.scout.org/missions/jota-joti
  3. Batas akhir pengiriman tanggal 31 Mei 2015
  4. Pengumuman pemenang : Juni 2015
Persyaratan dan tata cara mengikuti kontes secara lebih terperinci dapat dibaca di situs resmi http://jotajoti.info



Para pramuka se-Indonesia yang jago desain logo, ayo buruan mengikuti kompetisi desain logo Jota-Joti Tahun 2015. Tahun silam Kak Taufik Umar Prayoga mengharumkan pramuka Indonesia dengan menjadi pemenangnya, tahun 2015 semoga pemenangnya pramuka Indonesia lagi.


Add Comments


EmoticonEmoticon