Sunday, November 16, 2014

Beli Tenda Pramuka Murah dan Kuat

Membeli tenda pramuka yang harganya murah namun mempunyai kualitas baik dan kuat butuh kejelian. Saat ini banyak ditawarkan tenda-tenda pramuka dalam berbagai ukuran dan jenis bahan. Tentunya masing-masing tenda pramuka tersebut memiliki harga sendiri-sendiri yang berbeda. Mulai tenda pramuka dengan harga yang paling murah hingga yang mahal. Sehingga dibutuhkan kejelian untuk memilihnya.

Tenda pramuka, umumnya diartikan sebagai tenda yang digunakan regu penggalang atau sangga pramuka saat berkemah. Sebagai tenda regu atau sangga, tentunya ukuran tenda yang dipilih haruslah muat untuk ditempati semua anggota regu atau sangga. Tenda jenis ini tentu berbeda dengan tenda tamu ataupun tenda untuk dapur.

Di samping itu perlu juga memperhatikan jenis dan bahan tenda agar sesuai dengan kondisi tempat berkemah. Dengan memperhatikan ukuran dan bahan tenda, akan membuat penghuninya dapat menempati tenda tersebut dengan nyaman. Dan tidak lupa memperhatikan kualitas tenda yang mudah dalam perawatannya dan tahan lama. Terakhir adalah mengenai harga tenda yang harus terjangkau.

Tenda Pramuka
Tenda pramuka dengan bahan Polyester D600 berukuran 4 x 3 x 1,75 meter
Tenda pramuka berbahan parasit dengan ukuran 4 x 2,5 x 1,6 meter dilengkapi alas tenda


Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, saat hendak membeli tenda, perlu memperhatikan detail-detail sebagai berikut :

  • Ukuran Tenda
    Para penjual tenda menyediakan tenda pramuka dalam berbagai ukuran. Sebelum membeli harus memastikan tenda tersebut mampu memuat satu regu penggalang atau sangga penegak. Untuk memuat satu regu penggalang atau sangga penegak yang umumnya terdiri atas 8-10 orang dibutuhkan tenda dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 2,5-3 meter, dan tinggi 1,6-1,75 meter.
  • Bahan Tenda
    Pemilihan bahan tenda dapat disesuaikan dengan kondisi tempat berkemah atau musim saat berkemah. Bahan ini bisa dibuat berbeda antara atap tenda dengan alas tenda. Tenda pramuka bisa dibuat dari berbagai bahan, semisal :
    • Kain Drill; lebih cocok digunakan di cuaca panas dan kering.
    • Terpal; 
    • Parasit Biasa
    • Parasit waterproof
    • Polyester D600
  • Kelengkapan Tenda
    Sebelum membeli tenda perlu memperhatikan kelengkapan tenda yang disertakan dalam paket penjualan. Perlengkapan itu antara lain :
    • Double dek (atap tambahan).  Double dek akan berperan penting saat hujan untuk mencegah air merembes ke dalam tenda. Jika menggunakan atap dari bahan yang tahan air, penambahan atap tambahan bisa ditiadakan.
    • Alas tenda. Alas tenda sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan rembesan air.
    • Rangka tenda; dari bahan besi, alumunium, fiber, atau tanpa rangka (menyiapkan rangka sendiri dari tongkat dan sejenisnya)
    • Pasak tenda. Bisa terbuat dari alumunium, besi, atau dibuat sendiri dari kayu atau bambu. Ukuran pasak tenda antara 18 - 35 cm, atau diseuaikan dengan kondisi tenah tempat berkemah.
    • Doubel pintu (depan belakang) atau hanya satu pintu (depan)
    • Lubang ventilasi atau jendela tenda.
  • Harga Tenda
    Harga tenda umumnya ditentukan dari ukuran, bahan, dan kelengkapan tenda yang disertakan.  Sebagai gambaran tenda pramuka berukuran 3 x 4 x 1,75 meter, berbahan atap parasit waterproof dan alas terpal, dilengkapi dengan double dek, serta rangka dan pasak besi bisa dijual dengan kisaran harga antara Rp.850.000 hingga satu juta rupiah. Sedangkan tenda berukuran sama dengan bahan parasit biasa tanpa kelengkapan lainnya dijual dengan harga antara Rp.350.000 hingga Rp.500.000.
Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli tenda pramuka.

2 comments

  1. terima kasih informasi yang menarik dan sangat bermanffat sekali untuk memperbaiki kualitas produk Tenda pramuka , karena saya sebagai penjual tenda pramuka..

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon