Saturday, September 13, 2014

Nama Gambar dan Tanda Sangga Pramuka Penegak

Nama, gambar, dan tanda Pramuka Penegak. Di mana telah diketahui, satuan terkecil dalam golongan pramuka Penegak disebut sangga. Dalam Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka (PP No. 231 Tahun 2007, Bab III), sangga diartikan sebagai kelompok belajar interaktif  teman sebaya usia antara 16-20 tahun (Pramuka Penegak). Sebagai satuan terkecil ataupun kelompok belajar, sangga tentu memiliki nama atau sebutan dan gambar atau tanda. Penentuan nama dan tanda sangga ini tentu untuk memudahkan administrasi dan tanda pengenal masing-masing sangga. Di mana dalam satu ambalan penegak akan terdiri atas maksimal empat sangga, yang jika masing-masing tidak memiliki tanda pengenal tersendiri akan menyulitkan dalam identifikasi dan administrasi. Karena itulah diperlukan nama dan tanda Sangga Pramuka Penegak.

Tanda Sangga Pramuka Penegak pun menjadi salah satu bentuk dari Tanda Pengenal Gerakan Pramuka terkait dengan Tanda Satuan. Tanda Sangga Pramuka Penegak berbentuk bujur sangkar dengan panjang masing-masing sisi 4 cm. Di dalamnya terdapat gambar yang melambangkan nama sangga tersebut. Pemilihan nama sangga dan gambar (lambang) sangga sesuai dengan pilihan segenap anggota sangga yang bersangkutan. Tanda ini di pasang di lengan sebelah kiri baju seragam pramuka.

lambang tanda sangga
Beberapa tanda sangga yang umum digunakan

Dalam Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka disebutkan bahwa nama sangga dipilih diantara nama-nama Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas, dan Pelaksana. Selain itu dapat juga dipilih nama-nama lain sesuai aspirasi anggota sangga. Selain Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas, dan Pelaksana, sangga dapat menggunakan nama-nama yang menyatakan minat dari anggota sangga seperti Sangga Seni Budaya, Sangga Religi, Sangga Sepak Bola, atau dengan menggunakan angka romawi. Nama tersebut  merupakan identitas sangga dan mengandung kiasan dasar yang dapat memberikan motivasi kehidupan sangga.

Nama, Kiasan Dasar, dan Gambar Sangga


Nama sangga Pramuka Penegak yang kerap dipakai adalah Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas, dan Pelaksana. Kiasan dasar dan gambar dari masing-masing nama sangga tersebut adalah sebagai berikut :
  • Sangga Perintis. Perintis mengandung kiasan keperintisan, orang yang memulai mengerjakan sesuatu, pelopor, atau menjadi pembuka. Gambar Sangga Perintis adalah sebagai berikut :

sangga perintis
Sangga Perintis
  • Sangga Pencoba. Pencoba mengandung kiasan keberanian dalam mencoba segala sesuatu yang positif. Gambar Sangga Pencoba adalah sebagai berikut :
Sangga Pencoba
Sangga Pencoba

  • Sangga Pendobrak. Pendobrak mengandung kiasan keberanian dalam mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran. Gambar Sangga Pendobrak adalah sebagai berikut :
Sangga Pendobrak
Sangga Pendobrak

  • Sangga Penegas. Penegas mengandung kiasan kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana. Gambar Sangga Penegas adalah sebagai berikut :
Sangga Penegas
Sangga Penegas

  • Sangga Pelaksana. Pelaksana mengandung kiasan keberanian melaksanakan sesuatu tugas dengan penuh tanggung jawab. Gambar Sangga Penegas adalah sebagai berikut :
Sangga Pelaksana
Sangga Pelaksana

Selain gambar-gambar tanda sangga sebagai mana di atas, beberapa gambar yang dapat digunakan sebagai lambang tanda sangga antara lain sebagai berikut :

Nama Sangga lainnya
Nama Sangga lainnya

Sangga terdiri atas 4-8 anggota pramuka penegak. Sangga mempunyai arti sebagai “gubug” atau rumah kecil tempat  penggarap sawah. Dengan itu diharapkan segenap anggota sangga mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan dan musyawarah dalam mengambil keputusan, termasuk dalam menentukan nama dan tanda sangga.


10 comments

Wahhh Itu sangga buatan tanganku :)
bangga bisa di share juga :) hehe

#SalamPramuka

itu ada anak puteri, pakai tanda sangganya ko salah. mestinya 1cm dibawah tanda ambalan

Maaf, Kak. Gambar Sangga yang Perintis hingga Pelaksana itu hasil makeover saya sendiri :D

Maaf, Kakak. Pemasangan tanda sangga apakah di atas tanda ambalan ataukah di bawahnya masih menjadi perdebatan. Jukran dari Kwarnas tidak ada yang mengatur sampai ke situ. Cuma disebutkan pemasangannya di lengan baju kiri saja. Tanpa memperjelas letaknya dibawah/ di atas tanda ambalan.

Kalo hanya pintar mengoreksi oranglain terus kapan kita bisa mengoreksi diri sendiri

Salam Pramuka! mhon izin bergabung...
dan izin menanggapi kak Thoeni blank dan Kak Alam Endah

bagaimana dengan PP 005 tahun 1989 Tentang Penggunaan Tanda Satuan

Pada BAB 5 tentang Pemakaian Tanda Satuan;

a. Lencana wilayah dipasang di tengah lengan baju sebelah kanan, di bawah pita wilayah dan pita nomor.
b. Pita wilayah dipasang di bagian atas lengan baju sebelah kanan, kira-kira 1,5 cm di bawah jahitan lengan atas.
c. Pita nomor dipasang di bawah pita wilayah.
d. Tanda satuan terkecil dipasang pada bagian atas lengan baju sebelah kiri.
e. Tanda saka dipasang di tengah lengan baju sebelah kiri pada jarak ± 7 cm dari jahitan lengan atas.
f. Tanda krida dipasang di bawah tanda saka di lengan baju sebelah kiri.

pada poin D dikatakan Tanda satuan terkecil dipasang pada bagian atas lengan baju sebelah kiri, secara otomatis ada diatas ambalan bukan dibawah.

saya ingin bertanya juga kpda kak Thoeni, dari mana aturan Tanda Sangga
harus 1 cm dibawah tanda Ambalan? mhon di share kak akar tidak jadi tabu...

bukan mengoreksi orang lain, ini diskusi untuk kemajuan bersama.

Salam pramuka

Kak mau bertanya tau gak makna-makna/arti-arti lambang yang terdapat pada sangga di atas?

seng betul gak usah masang badge sangga :)

Ask
Kk Sya anggota pramuka Penegak. Klau misalnya sya mengundurkan dri ambalan Emang harus yah lambang sangga sya di lepas?
#SalamPramuka


EmoticonEmoticon