Wednesday, December 18, 2013

Contoh Proposal Kegiatan Kemah Pramuka Penggalang

Contoh proposal kegiatan kemah pramuka penggalang ini merupakan contoh proposal tentang kegiatan perkemahan pramuka. Terdapat dua macam contoh yaitu proposal untuk kegiatan perkemahan dalam rangka pelantikan dan perkemahan non pelantikan. Meskipun kegiatan penggalang namun dengan sedikit modifikasi proposal ini pun bisa digunakan dalam pengajuan kegiatan perkemahan untuk golongan pramuka penegak maupun pramuka pandega.

Dalam penyusunan sebuah proposal kegiatan perkemahan, sistematika penyusunannya meliputi cover (sampul proposal), surat pengajuan proposal kepada gugusdepan, isi proposal, dan lampiran-lampiran yang diperlukan.

Adapun untuk isi proposal kegiatan kemah pramuka penggalang, seperti pada golongan pramuka lainnya, setidaknya terdiri atas:
  1. Pendahuluan / Latar Belakang
  2. Dasar Kegiatan
  3. Nama Kegiatan
  4. Tema dan Moto Kegiatan
  5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  6. Tujuan
  7. Bentuk dan Jenis Kegiatan
  8. Peserta
  9. Panitia
  10. Jadwal Kegiatan
  11. Anggaran Kegiatan
  12. Penutup
Sedangkan lampiran-lampiran yang perlu disertakan diantaranya adalah:
  1. Susunan Panitia Perkemahan
  2. Jadwal Kegiatan Perkemahan
  3. Anggaran Kegiatan Perkemahan
kemah pramuka penggalan
Perkemahan pramuka penggalang

Sebagai contoh penyusunan proposal kegiatan, kali ini Blog Pramuka menyertakan dua contoh proposal kegiatan kemah untuk pramuka penggalang. Keduanya terdiri atas perkemahan dalam rangka pelantikan SKU Penggalang dan perkemahan non pelantikan.

Untuk membaca dan mendownload contoh proposal kegiatan kemah pramuka penggalang, sila klik tautan berikut ini:
  • Proposal Kemah Pelantikan Penggalang Ramu, Rakit, dan Terap; DOWNLOAD
  • Proposal Kemah Akhir Tahun; DOWNLOAD
Mungkin kedua proposal tersebut bukanlah contoh yang sempurna. Namun semoga saja bisa menjadi inspirasi bagi kakak-kakak pembina dalam menyusun proposal kegiatan pramuka di gugusdepan masing-masing. Dan lagi, tentunya diperlukan modifikasi di sana-sini guna menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di masing-masing kwartir atau gugusdepan.

3 comments


EmoticonEmoticon