Thursday, November 7, 2013

Contoh Kop Surat Gudep Pramuka

Contoh Kop Surat (Kepala Surat) Gudep Pramuka ini perlu diperhatikan. Di lapangan masih sering kali kita jumpai surat dari gugusdepan pramuka yang menggunakan kop (kepala) surat secara tidak baku atau tidak sesuai dengan ketentuan. Padahal Gerakan Pramuka telah mengeluarkan SK Kwartir Nasional Nomor 045 tahun 2011 yang mengaturnya.

Kurang tersosialisasikannya sistem administrasi gugusdepan dan Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka membuat munculnya berbagai versi kop surat yang saling berbeda antara satu gudep dengan gudep lainnya. Bahkan tidak jarang yang menggunakan acuan penulisan surat mengikuti sekolah ataupun universitas pangkalan gugusdepan tersebut berada.

Contoh Kepala Surat Gugusdepan Pramuka

Dalam kop atau kepala surat gugusdepan Gerakan Pramuka memuat beberapa hal sebagai berikut:
  1. Logo Gerakan Pramuka di samping kiri
  2. Logo WOSM di samping kanan
  3. Kalimat "GERAKAN PRAMUKA"
  4. Kalimat "GUGUSDEPAN" dilanjutkan dengan nama Kwartir Cabang dan Nomor Gudep
  5. Pangkalan tempat gugusdepan tersebut berada
  6. Alamat pangkalan gugusdepan tersebut
  7. Huruf menggunakan font Arial tegak.
Atau untuk lebih jelasnya terkait kop surat gugusdepan Gerakan Pramuka simak gambar contoh Kepala Surat Gugusdepan Gerakan Pramuka sebagai berikut:

kop surat gudep pramuka
Contoh kop surat gudep pramuka

Yang perlu diperhatikan, organisasi-organisasi di bawah gudep semisal Dewan Ambalan, Dewan Penggalang, dan Sangga Kerja, tidak dapat membuat kop (termasuk stempel) tersendiri. Jika mengadakan surat menyurat harus melalui gudepnya masing-masing sehingga kop surat yang dipergunakannya pun kop surat gudepnya.

3 comments

k2 ada arsip sknya ga..?
bagi donk kalau ada ..

Mantab, bermanfaat!

Share dong sk no 45 thn 2011 nya


EmoticonEmoticon