Monday, July 22, 2013

Yel Pramuka Siaga Kacung Kampret Ikut Pramuka

Yel pramuka siaga berjudul Kacung Kampret Ikut Pramuka ini memang cocok dinyanyikan bersama oleh pramuka siaga meskipun tidak menutup kemungkinan anggota lain semisal pramuka penggalang dan penegak untuk menggunakan lagu yel ini.

Sekilas lagu yel pramuka berjudul Kacung Kampret ini terdengar lucu. Mendengar istilah Kacung Kampret saja mungkin sudah membuat tersenyum walaupun tidak mengetahui artinya. Namun jangan salah, istilah kacung kampret, bahkan lagu dengan isi dan kata-kata nyaris serupa dengan lagu yel ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda silam.


Kacung Kampret berasal dari kata 'kacung' yang berarti pesuruh atau jongos laki-laki. Sedangkan 'kampret' adalah sejenis kelelawar pemakan serangga yang juga menjadi sebuah istilah umpatan atau makian kepada sosok yang dianggap menjijikkan dan merugikan. Kacung Kampret juga telah menjadi sebuah lagu yang berisi sindirin dan hinaan buat kaki tangan kompeni (penjajah Belanda) sejak dahulu.

Lirik Lagu Yel Kacung Kampret 

Dari lirik lagu 'Kacung Kampret' yang telah dinyanyikan sejak jaman penjajahan Belanda inilah lagu yel pramuka dengan judul yang sama dibuat. Liriknya hanya merubah beberapa kata yang diperlukan saja. Lirik selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kacung Kampret Masuk Pramuka

Kacung Kampret masuk pramuka
Kacung Kampret ikut mengembara
Naik gunung turun gunung
Jalan licin kampret glundung
Sambate aduh aduh biyung

Video Lagu Yel Kacung Kampret

Simak video lagu yel Kacung Kampret dengan mengklik tanda panah (segitiga) di tegah video berikut:


Nah, itulah lagu yel pramuka berjudul Kacung Kampret Masuk Pramuka yang tampaknya merupakan adopsi dari lagu lama dengan lirik yang nyaris sama. Penasaran dengan lirik aslinya?, simak ini: Kacung kampret hij teken kumpeni // Saben hari jalan eksersisi // Naik gunung turun gunung // De weg is glad hij kegelendung // Kacung kampret aduh aduh biyung.

Add Comments


EmoticonEmoticon