Friday, May 31, 2013

Kemah Budaya Tingkat Nasional 2013

Kemah Budaya Tingkat Nasional Tahun 2013 kembali akan digelar. Kemah Budaya Tingkat Nasional Tahun 2013 ini digelar atas kerjasama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Jika pada tahun 2012, Kemah Budaya Tingkat Nasional diselenggarakan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dipelaksanaan tahun 2013 giliran Kepulauan Riau yang akan menjadi tuan rumahnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Desa Teluk Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau pada tanggal 26 – 30 Juni 2013.

Pertemuan pramuka tingkat Nasional ini akan diikuti oleh para pramuka penggalang utusan dari setiap Kwartir Daerah se Indonesia. Masing-masing kwartir daerah akan mengirimkan 8 pramuka penggalang yang memenuhi syarat yaitu telah menyelesaikan SKU Pramuka Penggalang tingkat rakit atau terap dan memiliki Tanda Kecakapan Khusus Seni Budaya.

Berbeda dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan lainnya, biaya akomodasi dan transportasi peserta Kemah Budaya Tingkat Nasional akan ditanggung oleh pihak panitia. Karena itu jumlah peserta telah ditentukan oleh panitia. Beberapa kwartir daerah diminta mengirimkan satu regu (8 penggalang) putra, sedangkan kwarda lainnya mengirimkan regu penggalang putri. Kwarda yang kebagian mengirimkan regu putri diantaranya adalah Kwarda Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Sedangkan untuk Kwartir Daerah Sumatera Utara, Riau, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarya, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Timur, Papua, Banten, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau kebagian jatah satu regu (8 orang) penggalang putri.

3 comments

  1. Semoga semain banyak yang menjadi sponsor untuk acara seperti ini dalam kepramukaan, agar kegiatan positif anak generasi bangsa dapat terarah dalam program bela negara.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin mengenal dan mencintai budaya bangsa sendiri

      Delete
  2. kak kebetulan sy trpilih mejadi salah satu peserta perkemahan budaya dari sulawesi tenggara

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon