Tuesday, December 12, 2017

Kwarnas Gelar Lomba Video Kegiatan Gugusdepan Pramuka

Tags
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kembali menggelar lomba. kali ini adalah lomba membuatan video kegiatan gugusdepan dalam melakukan pengabdian terhadap masyarakat, lingkungan, alam sekitar, dan budaya lokal. Lomba video kegiatan gugusdepan pramuka yang mengambil tema "Bakti Gugusdepan (Gudep) untuk Indonesia" ini ditujukan untuk menggali kreatifitas para pramuka di tingkat gugusdepan dalam mendokumentasikan kegiatan-kegiatan di gugusdepannya masing-masing.

Sebagaimana poster yang diupload dalam fanspage resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, para pramuka dapat membuat video terkait dengan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh gugusdepan. Dapat juga berupa video yang mengangkat kegiatan gugusdepan dalam mempromosikan potensi daerahnya seperti di bidang kuliner, wisata, budaya, sejarah. produk lokal, serta hal-hal unik lainnya. Video tersebut dibuat dengan durasi maksimal 2 menit dan telah dikirimkan paling lambat pada 28 Februari 2018.

“Kwarnas ingin mengajak anak-anak untuk mengabadikan kegiatan Pramuka di tingkat Gudep sebagai ujung tombak organisasi ini. Tentu banyak kegiatan menarik sebagai bakti mereka membangun negeri yang bisa dibuat melalui karya nyata dalam bentuk video,” ujar Kak Adhyaksa di Jakarta, Senin (4/12).

Bagi pemenang, telah disediakan hadiah dengan total 50 juta rupiah.

Lomba Video Kegiatan Gugusdepan Pramuka

Persyaratan Lomba Video Gugusdepan Pramuka


Untuk mengikuti lomba video kegiatan gugusdepan, syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Video berisikan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh gugusdepan masing-masing. Kegiatan ini bisa berupa pengabdian terhadap masyarakat, lingkungan, dan alam sekitar. Dapat juga berisikan kegiatan gugusdepan dalam mempromosikan potensi daerah seperti obyek wisata, kuliner, budaya, sejarah, produk lokal, dan hal-hal unik lainnya.
  2. Durasi video maksimal 2 menit
  3. Setiap gugusdepan hanya boleh mengirimkan satu video.
  4. Gudep yang mengikuti harus telah terdaftar dalam data base Kwartir Nasional. Untuk mengetahui sudah terdaftar atau belum, silakan kunjungi situs www.datadasar.pramuka.or.id. Jika ternyata belum terdaftar, lakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs www.akreditasi.gugusdepan.com
  5. Konten dalam video harus orisinil dan tidak melanggar hak cipta, baik pada video, musik, maupun gambar yang digunakan.
  6. Di akhir video, cantumkan nama dan nomor gugusdepan, kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah, serta akun instagram gugusdepan. Tambahkan tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita, #PramukaPerekatNKRI dan #PramukaPeduli, serta tulisan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  7. Kirimkan video tersebut via email ke alamat video@pramuka.or.id. Pada subjek email tuliskan "Nama dan nomor Gudep (spasi) Judul Video". Sedangkan pada isi email, cantumkan: Nama Gudep, Kwarran, Kwarcab, Kwarda, alamat lengkap, nomor HP yang bisa dihubungi, akun Twitter, akun Instagram.
  8. Unggah video tersebut ke saluran youtube gudep (jika belum memiliki, silakan buat dulu).
  9. Unggah cuplikan video tersebut di akun instagram gudep (jika belum memiliki, silakan buat dulu) dengan dilengkapi tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita, #PramukaPeduli #PramukaPerekatNKRI #VideoGudepPramuka2017 #KwarnasGerakanPramuka, dan mention ke instagram: @gerakanpramuka dan @adhyaksadault.
  10. Subscribe akun youtube Gerakan Pramuka, ikuti akun Twitter @kwarnas, instagram @gerakanpramuka, Line @gerakanpramuka dan Fanpage Facebook: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  11. Semua video kakak akan disebar di semua akun media sosial Kwarnas Gerakan Pramuka (Twitter, Youtube, Instagram, Facebook, dan Line). Dipastikan video Kakak akan ditonton ribuan orang. 20 pemenang ditentukan juri dan 17 video pemenang lainnya ditentukan berdasarkan viewers terbanyak di akun Youtube Gerakan Pramuka.
  12. Batas akhir pengiriman video pada 28 Februari 2018, pukul 24.00 WIB. Pemenang akan diumumkan pada 20 Maret 2018 di website www.pramuka.or.id, www.pramukapos.com, dan seluruh akun medsos Kwarnas Gerakan Pramuka.

Bagi pemenang, disediakan hadiah dengan total Rp 50 juta, yang terperinci:
  1. Juara I, sebesar Rp 6.000.000
  2. Juara II, sebesar Rp 4.000.000
  3. Juara III, sebesar Rp 3.000.000
  4. 20 video terbaik versi juri dan 17 video dengan penonton terbanyak mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 1.000.000
Selengkapnya, baca brosur kegiatan sebagai mana berikut:


Mari, bagi para pramuka se-Indonesia untuk turut serta dalam lomba video kegiatan gugusdepan pramuka ini. Kenalkan kegiatan-kegiatan yang ada di gudepmu dan raihlah hadiah yang disediakan.


EmoticonEmoticon