Monday, July 10, 2017

Logo dan Tema Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017

Kwartir Nasional telah merilis logo dan tema Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017. Logo dan tema peringatan Hari Pramuka tersebut diumumkan melalui situs resmi pramuka di pramuka.co.id. Logo ini dapat dikatakan sebagai logo 56 Tahun Gerakan Pramuka. Ini melanjutkan tahun sebelumnya yang juga ditetapkan logo dan tema Hari Pramuka Tahun 2016.

Gerakan Pramuka merayakan harinya, Hari Pramuka, setiap tanggal 14 Agustus. Ini merujuk pada sejarah kepramukaan di Indonesia, di mana pada tanggal tersebut di tahun 1961, Presiden RI, Ir. Soekarno melantik Majlis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas, Kwarnari. Pelantikan ini kemudian disusul dengan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dari Presiden RI dan defile akbar oleh anggota pramuka di Jakarta.

Sehingga setiap tanggal 14 Agustus kemudian diperingati sebagai Hari Pramuka.

Peringatan ini dilakukan dengan berbagai acara dan kegiatan kepramukaan di seluruh Indonesia, seperti dengan perkemahan bersama dan upacara peringatan Hari Pramuka. Termasuk pada tahun 2017 ini dengan digelarnya Raimuna Nasional 2017.

Untuk mendukung dan menyemarakkan kegiatan-kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pramuka tersebut lah kemudian ditetapkan logo Hari Pramuka 2017 dan tema peringatan Hari Pramuka 2017.


1. Logo Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017


Logo Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017 terbentuk dari kombinasi gambar pita warna warni yang membentuk angka "56". Warna-warna pembentuknya meliputi hijau, merah, kuning, dan cokelat. Warna-warna dalam logo ini, tampaknya merujuk pada kode warna dalam penggolongan anggota pramuka berdasarkan usia didik peserta.

Selain itu terdapat tulisan "th", "Gerakan Pramuka", "1961-2017", serta gambar lambang gerakan pramuka dan logo WOSM (World Organization of the Scout Movement; Organisasi Kepanduan Sedunia).

Di bagian bawah logo turut disertakan tema Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017.

Adapun logo tersebut adalah sebagai berikut.

Logo Hari Pramuka 2017

Ukuran gambar yang lebih besar, dapat diunduh di bagian akhir artikel ini.

2. Makna Logo Hari Pramuka


Sayangnya dalam rilis logo dan tema tersebut tidak disertakan juga makna yang terkandung dalam logo Hari Pramuka Tahun 2017.

UPDATE:

Untuk makna dan arti logo Hari Pramuka 2017, baca artikel: Makna Logo Hari Pramuka Tahun 2017

Baca Juga :



3. Tema Hari Pramuka 2017


Tema Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 adalah "Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa".

Sepert pada tahun sebelumnya, tema Peringatan Hari Pramuka ke-56 ini tertera juga dalam logo Hari Pramuka Tahun 2017.

Untuk mengunduh logo Hari Pramuka dengan ukuran yang lebih besar, silakan KLIK TAUTAN INI.

Dengan dirilisnya tema dan logo Hari Pramuka Tahun 2017 ini semoga bermanfaat bagi seluruh anggota pramuka dalam menyiapkan diri menggelar peringatan Hari Pramuka serta mengikuti kegiatan-kegiatan terkait dengan peringatan Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017.

3 comments

  1. Sambutan kwarnas buat besok dibantu upload ya...

    ReplyDelete
  2. bagus, btw ada link untuk download sambutan ka kwarnas untuk hut pramuka besok ndak ya?

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon