Sunday, January 15, 2017

Membuat dan Membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa

Satu lagi sandi pramuka yang cukup mengasikkan adalah sandi yang bisa disebut sebagai "Sandi Si Kecil yang Berjasa". Penamaan sandi ini sebagai Si Kecil yang Berjasa karena dalam membuat dan memecahkan (membaca) sandi ini berpedoman pada perbedaan penggunaan huruf dimana ada huruf yang ditulis secara 'kapital' (besar) dan ada pula yang ditulis dengan huruf kecil.

Untuk membuat Sandi Si Kecil yang Berjasa tidak terlau sulit. Meski demikian, sebagaimana sandi-sandi lain yang kerap digunakan di kepramukaan, sandi ini cukup mengasikkan untuk dipecahkan. Tidak mengherankan jika kemudian jenis sandi ini kerap menjadi pilihan dalam berbagai kegiatan kepramukaan baik untuk Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, maupun Pramuka Pandega.

Karena itu, Blog Pramukaria akan mengulas bagaimana cara membuat dan membaca (memecahkan) Sandi Si Kecil yang Berjasa ini.

Baca juga berbagai jenis sandi dalam kepramukaan lainnya:


1. Contoh Sandi Si Kecil yang Berjasa


Untuk mengenali sandi ini tidak terlalu sulit. Bisa langsung dilihat dari soal sandi yang penulisan kata-katanya merupakan gabungan antara huruf kapital (besar) dan huruf kecil yang saling acak. 

Bisa juga diketahui dari penggunaan kata kunci sandi yang umumnya menyertakan kata kecil. Contoh kata kunci yang kerap digunakan:
  1. Jangan pernah sekali-kali adik meremehkan 'orang kecil'
  2. Kecil-kecil cabe rawit biar kecil pedas rasanya.
  3. 'Kecil' orangnya tapi besar sekali nyalinya
Contoh soal Sandi Si Kecil yang Berjasa adalah sebagaimana gambar berikut ini.

Sandi Si Kecil yang Berjasa

2. Cara Membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa


Untuk membaca sandi Si Kecil yang Berjasa cukup mudah. Coret (hapus) semua huruf kapital hingga menyisakan huruf-huruf yang ditulis dengan huruf kecil saja.

Dari contoh pada gambar di atas, soal Sandi Si Kecil yang Berjasa ini adalah "SAma KAu gaK PEDulI NyAMuk GiGIT kuLItKU pEraSAANmu kUaT". Coret semua huruf kapital (besar) seperti pada kata "SAma" dicoret hingga menjadi "SAma" (ma) dan kata "KAu" menjadi "KAu" (u).

Lakukan pada semua kata pada soal yang disediakan. Kemudian susunlah huruf-huruf yang tersisa (huruf kecil) menjadi kalimat yang terbaca dengan benar.

Untuk lebih memahami cara membuat dan membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa, simak video berikut ini.


Demikianlah cara membuat dan membaca Sandi Si Kecil yang Berjasa. Sandi sederhana dan mudah tetapi sangat mengasyikkan. Selamat berkreasi dengan Sandi Si Kecil yang Berjasa.


EmoticonEmoticon