Wednesday, October 12, 2016

Logo JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016

Logo JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016 (Jamboree On The Air Nasional ke-79 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-37) dirilis bersamaan dengan terbitnya Juklak JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016. Selain berisikan ketentuan-ketentuan umum terkait pelaksanaan JOTA-JOTI Nasional, di bagian akhir juklak yang diupload di situs resmi Gerakan Pramuka Indonesia tersebut dilampirkan juga logo JOTA dan JOTI Nasional Tahun 2016.

Dalam penyelenggaraannya di tahun 2016 ini, logo JOTA-JOTI Nasional yang digunakan mengadopsi logo JOTA-JOTI Internasional. Ini berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, logo JOTA-JOTI Nasional dibuat berbeda dengan logo JOTA-JOTI Internasional. Waktu pelaksanaannya pun berbeda

JOTA-JOTI Nasional 2016


JOTA (Jamboree On The Air) dan JOTI (Jamboree On The Internet) Nasional Tahun 2016 adalah JOTA ke-79 dan JOTI ke-37. Keduanya merupakan pertemuan pramuka (kegiatan pramuka) tahun yang dapat diikuti oleh semua anggota pramuka. Dalam JOTA para pramuka dapat saling 'bertemu di udara' melalui sarana radio amatir. Sedangkan dalam JOTI pertemuan dan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media chatting (JOTI).

JOTA-JOTI 2016

Untuk mengikuti kegiatan JOTA dan JOTI para pramuka cukup berkumpul di stasiun JOTA-JOTI yang biasanya didirikan di Kwartir Cabang atau pangkalan gugusdepan tertentu. Bahkan dapat juga dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016 dilaksanakan berbarengan dengan JOTA-JOTI Internasional 2016 (59th Jamboree On The Air dan 20th Jamboree On The Internet). Pelaksanaannya dimulai pada hari Jumat tanggal 14 Oktober 2016 dan berakhir pada Minggu 16 Oktober 2016.

So, selain dapat berkenalan, berkomunikasi, berdiskusi, dan bertukar pengalaman dengan pramuka dari seluruh Indonesia, dalam JOTA-JOTI tahun ini, peserta dapat juga berinteraksi dengan pramuka-pramuka dari berbagai negara di dunia.

Logo JOTA-JOTI Nasional 2016


Jika pada penyelenggaraan di tahun 2015 (dan sebelumnya) JOTA-JOTI Nasional memiliki logo tersendiri, maka pada tahun 2016 ini logo Jamboree On The Air Nasional ke-79 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-37 diadopsi dari logo JOTA-JOTI Internasional 2016.

Logo JOTA_JOTI Internasional 2016 sendiri merupakan hasil kompetisi lomba desain logo JOTA-JOTI yang diselenggarakan oleh WOSM (World Scout Bureau). Kontes ini kemudian dimenangkan oleh Mark Tan Wengson, seorang pramuka dari Georgetown, Penang, Malaysia.

Berikut ini gambar logo JOTA-JOTI Internasional 2016 (59th Jamboree On The Air - 20th Jamboree On The Internet).

Logo JOTA-JOTI Internasional 2016

Sedangkan logo JOTA-JOTI Nasional 2016 (Jamboree On The Air Nasional ke-79 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-37) adalah sebagai berikut ini.

Logo JOTA-JOTI Nasional 2016

Pada logo JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016 ditambahkan kata "National" di belakang kalimat 'On The Air' dan 'On The Internet'. Di samping itu di bagian atas ditambahkan sepasang cikal (lambang Gerakan Pramuka). Sedangkan bagian-bagian lain dalam logo tersebut tetap. Termasuk Angka '59th' dan '20th' yang merujuk pada pelaksanaan JOTA Internasional ke 59 (59th Jamboree On The Air) dan JOTI Internasional ke-20 (20th Jamboree On The Internet).

Sehingga tidak perlu heran, jika kemudian angka pada logo JOTA-JOTI Nasional Tahun 2016 ini berbeda dengan jumlah penyelenggaraan JOTA-JOTI Nasional. Karena meskipun tahun ini merupakan pelaksanaan JOTA Nasional ke-79 dan JOTI Nasional ke-37 tetapi angka dalam logo tetap tertulis '59' dan '20' karena menyesuaikan dengan penyelenggaraan JOTA-JOTI Internasional.



EmoticonEmoticon