Sunday, June 26, 2016

Logo JOTA JOTI Internasional 2016

Kontes desain Logo Jota-Joti Internasional Tahun 2016 telah berakhir. Pemenangnya pun telah diumumkan. Adalah logo hasil karya Mark Tan Wengson, seorang pramuka dari Georgetown, Penang, Malaysia yang kemudian ditetapkan sebagai pemenang dan menjadi logo resmi 59th Jamboree On The Air - 20th Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI 2016).

Sebelumnya, WOSM (World Scout Bureau) menggelar kontes pembuatan logo 59th Jamboree On The Air - 20th Jamboree On The Internet (JOTA ke-59 dan JOTI ke-20) Tahun 2016.

Dalam kontes tahun ini, tampaknya para desainer pramuka asal Indonesia terpaksa harus puas menjadi finalis saja. Setelah pada penyelenggaraan kontes sebelumnya, desainer Indonesia memenangi hingga dua tahun berturut-turut, yakni pada 2015 dan 2014. Baca : Lagi, Pramuka Indonesia Menang Kontes Logo JOTA JOTI 2015 dan Pramuka Indonesia Juara Kontes Logo JOTA JOTI 2014.

Inilah logo resmi 59th Jamboree On The Air - 20th Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI Internasional 2016).

Logo JOTA JOTI 2016
Logo JOTA JOTI 2016


Sedangkan logo-logo yang menjadi finalis dalam kontes desain Logo Jota-Joti Internasional Tahun 2016 ini adalah sebagai berikut.

Finalis Kontes Logo Jota Joti 2016
Finalis Kontes Logo Jota Joti 2016


JOTA dan JOTI merupakan kegiatan tahunan yang digelar sebagai ajang pertemuan bagi para pramuka. JOTA - JOTI Internasional diselenggarakan oleh WOSM (World Scout Bureau) bagi semua anggota di seluruh dunia dari berbagai golongan, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, hingga pramuka dewasa sekalipun.

Dalam Jamboree On The Air atau JOTA para pramuka dapat bertemu, berbincang, dan bertukar pengalaman dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan dalam Jamboree On The Internet para pramuka tersebut menggunakan sarana berbagai media chating internet.

JOTA-JOTI Internasional tahun 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 Oktober 2016.

Jadwal JOTA JOTI 2016


Selain penyelenggaraan Jota-Joti Internasional yang akan dihelat pada 14-16 Oktober 2016, sebelumnya juga akan diselenggarakan JOTA-JOTI Tingkat Nasional (Jamboree On The Air Nasional ke-77 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-36) dan Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ; JOTA-JOTI Asia Pasifik) Tahun 2016. Kedua kegiatan ini biasanya dilaksanakan secara bersamaan pada bulan Agustus.

Ingin Ikut dalam JOTA-JOTI 2016?


Kegiatan JOTA dan JOTi terbuka bagi seluruh anggota pramuka dari semua golongan usia. Baik pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, hingga pramuka dewasa dapat ikut serta dalam kegiatan ini. caranyanya pun tidak sulit. Salah satunya adalah dengan dengan menghubungi dan mendaftarkan diri di Sanggar Dewan Kerja Cabang (DKC), atau Stasiun JOT-JOTI di kabupaten atau kota masing-masing. Di sana, oleh kakak-kakak Dewan Kerja, peserta akan dipandu bagaimana cara mengikuti JOTA dan JOTI.

Cara berpartisipasi dalam JOTA dan JOTI secara lebih detail dapat juga dibaca dalam artikel : Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.


EmoticonEmoticon