Friday, November 13, 2015

Instrumental Hymne Pramuka (Lagu Satya Darma Pramuka)

Sebelumnya, pramukaria telah memposting video lagu Himne Pramuka versi paduan suara. Untuk melengkapi artikel tersebut, kali ini kami terbitkan sebuah video tentang instrumental Hymne Pramuka (Lagu Satya Darma Pramuka).

Sesuai judul, video ini berisikan lagu Satya Darma Pramuka atau disebut juga sebagai Hymne Pramuka dalam versi instrumental. Jadi hanya berupa musik dan tanpa suara nyanyian manusia.

Tentunya keberadaan lagu Hymne Pramuka dalam versi instrumental ini akan sangat berguna untuk mengiringi anggota gerakan pramuka yang menyanyikan lagu Pramuka ini. Terutama bagi paduan suara yang harus menyanyikan lagu Satya darma Pramuka dalam sebuah kegiatan pramuka atau acara resmi. Dengan diiringi musik instrumental ini, paduan suara akan terdengar lebih 'menyentuh' dan menarik.

Instrumental Hymne Pramuka
Instrumental Hymne Pramuka

Baca Juga:


Video berisi musik instrumental lagu Satya Darma Pramuka atau Hymne Pramuka tersebut adalah sebagai berikut. Klik pada video (tombol play) untuk memutar video.




Lagu Satya Darma Pramuka sendiri diciptakan oleh Kak Husein Mutahar. Lagu ini kemudian ditetapkan menjadi Himne Pramuka. Penetapan ini termuat dalam dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 51 tentang Himne dan Mars ayat (1) yang berbunyi: Himne Gerakan Pramuka adalah lagu Satya Darma Pramuka yang diciptakan  oleh Husein Mutahar. Pun termuat dalam Anggraran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka pasal 123. Dalam lagu ini juga termuat kalimat yang kemudian menjadi moto Gerakan Pramuka. Kalimat tersebut adalah "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan".

Bagi yang ingin mendengarkan lagu Satya Darma Pramuka dalam versi aslinya, bukan instrumental, dapat menonton video berikut ini.




Itulah lagu Hymne Pramuka versi instrumental. Semoga Lagu Satya Darma Pramuka tersebut bermanfaat buat kita semua.


EmoticonEmoticon