Thursday, October 15, 2015

Lagu Api Unggun Versi Bahasa Jawa

Lagu api unggun versi bahasa Jawa ini adalah sebuah lagu penyalaan api unggun yang dinyanyikan dengan menggunakan bahasa Jawa. Hal ini menunjukkan bahwa pramuka merupakan pribadi-pribadi yang kreatif dan penuh inovasi. Termasuk dalam mendesain upacara penyalaan api unggu dengan menggunakan bahasa Jawa.

Baca Juga :


Pertama kali lagu api unggun dengan menggunakan lirik bahasa Jawa ini, Kakak dapatkan dari tayangan video youtube. Adalah youtube www.youtube.com/channel/UCfwPV9P0vxc4PAuNqDHNXMw yang mengunggah pelaksanaan upaya penyalaan api unggun dengan menggunakan bahasa Jawa di Gugusdepan 04.003-04.004 pangkalan SMP ISLAM Durenan, Trenggalek, Jawa Timur dan gugusdepan 04.061-04.061 Ambalan Sunan Kalijaga - Nyai Dewi Saroh, Pangkalan SMK ISLAM 1 Durenan, Trenggalek.

Lagu Api Unggun Bahasa Jawa
Lagu Api Unggun Bahasa Jawa


Kedua gugusdepan tersebut menyelenggakan upacara penyalaan api unggun dengan menggunakan basa Jawa. Termasuk dalam menyanyikan Lagu Api Unggun. Kami memotong bagian lagu penyalaan api unggun tersebut untuk di-share ulang.

Berikut ini video lagu penyalaan api unggun dengan menggunakan lirik bahasa Jawa tersebut. Klik tombol play (tanda segitiga) untuk mulai menonton video.




Tapi bolehkah melaksanakan upacara penyalaan api unggun dengan menggunakan bahasa Jawa?, termasuk dalam menyanyikan lagu Api Unggun?

Tidak ada aturan baku yang khusus mengatur tata cara dan urutan pelaksanaan upacara penyalaan api unggun. Bahkan diharapkan para pramuka, baik pembina pramuka maupun peserta didik, dapat menciptakan kreasi yang inovatif, menarik, dan bermakna dalam penyelenggaraan upacara penyalaan api unggun. Karena itu, di lapangan, kita bisa menyaksikan berbagai kreatifitas pelaksanaan upacara api unggun.

Salah satunya adalah upacara menyalakan api unggun dengan bahasa Jawa. Termasuk menggunakan lagu api unggun berlirik bahasa Jawa. Nah, para pramuka di lain daerah, yang tentunya memiliki bahasa daerah masing-masing, berani tidak mengkreasikan upacara api unggun di pangkalannya dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing?

Selain lagu api unggun dalam versi bahasa Jawa tersebut, simak juga lagu-lagu pramuka lainnya:

Add Comments


EmoticonEmoticon