Tuesday, March 10, 2015

Agenda Kegiatan Pramuka Penegak Jawa Tengah 2015

Agenda kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Kwarda Jawa Tengah Tahun 2015. Agenda kegiatan khusus pramuka Penegak dan Pandega di Jawa Tengah selama tahun 2015 telah ditentukan. Adalah Sidang Paripurna Daerah Tahun 2015, yang digelar Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah di Puskepram Candra Birawa, Karanggeneng, Semarang pada 7-8 Maret 2015 yang kemudian menyusun dan menetapkan ragam jenis kegiatan yang akan diselenggarakan selama tahun 2015. Kegiatan-kegiatan kepramukaan tersebut dapat diikuti oleh semua Pramuka Penegak dan Pandega se Kwarda Jawa Tengah.

Sedikitnya terdapat 9 jenis pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega tingkat daerah yang siap digelar. Kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung antara bulan April hingga Desember 2015 dengan lokasi yang tersebar di berbagai kabupaten di Jawa Tengah.

Daftar Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Tingkat Daerah 2015


Adapun kegiatan-kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega yang masuk dalam agenda kegiatan selama tahun 2015 meliputi Raimuna Daerah, JOTA-JOTI 2015, Kemah Santri Daerah, Gladi Tangguh Ubaloka, hingga beberapa pertemuan Satuan Karya Pramuka semisal Pertikalpataru, Pertiwana, dan Pershabara.

Road to Raimuna Daerah 2015

Daftar selengkapnya agenda kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Daerah Jawa Tengah selama tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Perkemahan Santri Daerah
    Kemah Santri Daerah Jawa Tengah akan diselenggarakan di Kabupaten Pemalang pada tanggal 1-15 April 2015. Pertemuan pramuka ini menjadi rangkaian kegiatan serupa di tingkat nasional (Perkemahan Santri Nasional IV) yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 - 7 Juni 2015 di Kab.Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
  2. LPK Daerah
    LPK atau Latihan Pengembangan Kepemimpinan tingkat Daerah Jawa Tengah akan diikuti oleh Dewan Kerja Cabang, Dewan Racana, dan Dewan Saka se-Jawa Tengah. Salah satu pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega ini akan diselenggarakan pada tanggal 1- 5 Mei 2015 di Pusat Kegiatan Kepramukaan “Candra Birawa” Karanggeneng, Semarang.
  3. Pertikalpataru Daerah
    Pertikalpataru atau Perkemahan Bakti Saka Kalpataru merupakan salah satu pertemuan bagi pramuka anggota Saka Kalpataru. Pertikalpataru Daerah Jawa Tengah akan digelar di Bumi Perkemahan Munjuluhur Purbalingga, pada tanggal 21 - 24 Mei 2015.
  4. JOTA-JOTI Nasional dan Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ) 2015
    JOTA-JOTI Nasional sekaligus Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ) merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan ini selain dapat diikuti oleh Penegak dan pandega juga dapat diikuti oleh semua anggota pramuka lainnya dari berbagai golongan dan usia.
  5. Raimuna Daerah Jawa Tengah
    Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar. Raimuna Daerah Jawa Tengah Tahun 2015 akan diikuti oleh pramuka Penegak dan pandega utusan seluruh Kwartir Cabang se-Jawa Tengah. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-9 September 2015 di Bumi Perkemahan Buper Linggo Asri Kab. Pekalongan.
  6. Persabhara Daerah
    Pershabara adalah Perkemahan Saka Bhayangkara. Kegiatan ini menjadi salah satu pertemuan bagi anggota Satuan Karya Bhayangkara. Persabhara Daerah Tahun 2015 akan diselenggarakann pada tanggal 28 - 30 September 2015.
  7. JOTA-JOTI Internasional
    Selain JOTA-JOTI Nasional dan APR-AIJ, setiap tahunnya juga diselenggarakan JOTA-JOTI Internasional. Kegiatan serentak tingkat dunia ini dapat diikuti oleh para anggota pramuka Indoensia, termasuk di Jawa Tengah, pada tanggal 16-18 Oktober 2015.
  8. Gladi Tangguh Ubaloka Jawa Tengah
    Ubaloka (Unit Bantu Pertolongan Pramuka) yang merupakan unit pramuka peduli di Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah akan melaksanakan kegiatan Gladi Tangguh. Rencananya kegiatan ini digelar pada bulan November 2015.
  9. Pertiwana Daerah
    Pertiwana atau Perkemahan Bakti Saka Wanabakti adalah pertemuan bagi anggota Satuan Karya Pramuka Wanabakti. Pertiwana Daerah akan diagendakan dilaksanakan pada Desember 2015.
Itulah sembilan agenda kegiatan bagi Pramuka Penegak dan pandega yang direncanakan akan digelar selama tahun 2015 ini. Bagi adik-adik Penegak maupun Pandega yang berminat untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan tersebut silakan mempersiapkan diri dan menghubungi Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang masing-masing untuk memperoleh informasi selengkapnya.

2 comments

  1. Siiippp!!! Penegak Jaya!!!
    Kami Pramuka Jatim...
    Pengembaraan 3 hari Penegak Laksana:
    https://www.youtube.com/watch?v=XRql05RhxOs

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon