Wednesday, October 29, 2014

Bumi Perkemahan di Kudus Jawa Tengah

Bumi Perkemahan di Kudus Jawa Tengah adalah daftar Bumi Perkemahan (buper) yang terletak di wilayah kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Di Kabupaten Kudus ini sedikitnya terdapat dua lokasi Bumi Perkemahan yang sangat representatif sebagai tempat (lokasi) penyelenggaraan perkemahan. Bumi Perkemahan tersebut cocok untuk menyelenggarakan perkemahan di tingkat Gugusdepan, Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang. Bahkan salah satunya, pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Jambore Daerah Kwarda Jawa Tengah.

Bumi Perkemahan di Kudus Jawa Tengah tersebut adalah Bumi Perkemahan Abiyoso dan Bumi Perkemahan Kajar. Kedua-duanya terdapat di lereng Gunung Muria, meskipun terletak di dua kecamatan yang berbeda. Selain itu juga Buper Ronggokusumo yang terletak di Kecamatan Jekulo, Kudus. Ketiganya kerap digunakan menggelar berbagai kegiatan kepramukaan, seperti perkemahan.

Bumi Perkemahan Abiyoso, Gebog, Kudus

Bumi Perkemahan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang pertama adalah Buper Abiyoso. Buper ini diberikan nama sesuai dengan nama bukit yang terletak di atasnya. Berlokasi di Desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, di lereng gunung (bukit) Abiyoso, salah satu bukit yang terdapat di Gunung Muria.

Bumi Perkemahan Abiyoso pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Jambore Daerah (Jamda) Kwarda Jawa Tengah IX Tahun 1996. Untuk menuju buper ini tidak terlalu sulit, dengan menggunakan angkutan umum cukup dengan menaiki angkutan kota jurusan Gebog dari Terminal Kudus.

Bumi Perkemahan Kajar, Dawe, Kudus

Bumi Perkemahan Kajar, Kudus
Bumi Perkemahan Kajar, Kudus

Bumi Perkamahan di Kabupaten Kudus yang kedua adalah Buper Kajar. Lokasi ini mempunyai nama resmi Hutan Wisata dan Bumi Perkemahan Kajar. Terletak di lereng gunung Muria pada ketinggian sekitar 600 meter dpl. Tepatnya di Desa Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Lokasi buper ini hanya berjarak sekitar 3 km arah selatan komplek wisata religi Sunan Muria.

Hutan Wisata dan Bumi Perkemahan Kajar merupakan hutan pinus yang teduh dan sejuk. Selain digunakan untuk menggelar kegiatan perkemahan, tempat ini juga kerap digunakan sebagai lokasi outbond dan kegiatan alam lainnya. Untuk menuju ke buper ini tidak terlalu sulit. Dengan menggunakan angkutan umum, cukup dengan menumpang angkutan kota jurusan Colo dari Terminal Kudus.

Bumi Perkemahan Ronggokusumo, Jekulo, Kudus

Bumi Perkemahan (Buper) Raden Ronggokusumo terletak di Dukuh Karangsubur, Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kudus. Ini merupakan bumi perkemahan salah satu bumi perkemahan yang baru beberapa tahun diresmikan.

Bagi para pramuka di Kabupaten Kudus dan sekitarnya, ketiga Bumi Perkemahan di Kudus tersebut bisa menjadi pilihan utama. Di samping, tentunya, memanfaatkan bumi perkemahan yang terdapat di kabupaten sekitarnya semisal di Pati, Rembang, dan Jepara.


EmoticonEmoticon