Friday, August 1, 2014

Selamat Ber-JOTA Nasional ke-75 dan JOTI Nasional ke-33

Hari ini, 1 Agustus 2014 seluruh pramuka se-Indonesia dapat mengikuti kegiatan JOTA Nasional ke-75 dan JOTI Nasional ke-33. Pada hari ini Gerakan Pramuka memang menggelar kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI). Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka dari kesemua golongan usia didik maupun pramuka dewasa. Para pramuka mulai dari usia siaga, penggalang, penegak, dan pandega, maupun pramuka dewasa seperti pembina pramuka, pelatih pramuka, maupun anggota kwartir dan majelis pembimbing dapat ikut serta.

JOTA dan JOTI adalah kegiatan rutin tahunan. JOTA atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan JOTI atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.

Dalam setahun terdapat tiga kali JOTA dan JOTI. Ketiganya adalah JOTA-JOTI NasionalAsia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APRAIJ), dan JOTA-JOTI Internasional. JOTA-JOTI Nasional dan APRAIJ biasanya dilaksanakan beriringan sedangkan JOTA-JOTI Internasional berselang beberapa bulan kemudian.


Pada pelaksanaannya di tahun 2014 ini, JOTA-JOTI Nasional dilaksanakan hari ini, 1 Agustus 2014. Kegiatan ini langsung dilanjutkan dengan APRAIJ (Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree; JOTA-JOTI Asia Pasifik) pada 2-3 Agustus 2014. Sedangkan JOTA-JOTI Internasional baru akan digelar pada 18-19 Oktober 2014.

Untuk mengikuti JOTA dan JOTI Nasional dan APR 2014 caranya sangat gampang dan mudah. Bahkan bagi anggota pramuka yang belum pernah mengikuti pada tahun-tahun sebelumnya sekalipun. Cukup dengan menghubungi dan mendaftarkan diri di Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang (DKC) di wilayahnya masing-masing. Di sana, oleh kakak-kakak Dewan Kerja peserta akan diberitahu dimana stasiun JOTA-JOTi yang bisa digunakan termasuk bagaimana cara mengikuti JOTA dan JOTI.

Cara berpartisipasi dalam JOTA dan JOTI secara lebih detail dapat juga dibaca dalam artikel : Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.

Selamat berjambore di udara dan internet!


EmoticonEmoticon